Berawal Dari Hashtag #Kamuharustau, Indozone.id Kini Platform Berita Viral. Simak, Ini Beberapa Hal yang Saya Suka !

K ebiasaan membaca berita online sudah menjadi habitual action masyarakat modern saat ini. Aktivitas yang tak kalah seru dibanding bermedia sosial ini bahkan tidak hanya sekedar sebagai pengisi waktu luang semata namun telah menjadi pilihan untuk update informasi dan mendapatkan berbagai referensi.

Kemudahan mengakses internet menjadi salah satu faktor pendukung kebiasaan ini. Tak mengherankan kalau hasil survey APJII tahun 2018 menunjukkan 52% dari jumlah pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan internet untuk mengakses situs-situs berita selain untuk media sosial, main games online, streaming (hiburan), mengakses layanan publik dan sebagainya.

Berbagai situs berita online pun bermunculan. Menurut kominfo, saat ini terdapat tak kurang dari 43 ribu portal berita di Indonesia dengan berbagai kategori dan segmentasi.

Terlepas dari hanya sekitar 100 portal berita yang terverifikasi Dewan Pers dan dikelola secara profesional, masih menurut Kominfo, setidaknya ini menjadi bukti betapa kini antusiasme membaca berita online telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern seutuhnya.

Ya. Membaca berita online memang mengasikkan. Bahkan tak kalah asiknya dengan “ngepoin” status mantan di Instagam. Apalagi kalau menemukan situs berita yang ringan, populer dan sedang viral.

Nah, bila kamu suka membaca berita online dengan berita-berita yang seperti itu, #kamuharustau kalau ada satu lagi portal berita online keren yang wajib dikunjungi yakni INDOZONE.ID. Kenapa ?

Simak ! Ini beberapa hal menarik indozone.id yang saya suka.

Berawal dari Hashtag Instagram #KamuHarusTau dan Semakin Populer di Mata Netizen

Indozone.id adalah situs (portal) berita online multi-platform dibawah kendali operasional PT Indozone Media Indonesia.

Menariknya, cikal bakal situs berita yang fokus pada konten NEWS & ENTERTAINMENT ini berawal dari sebuah hashtag Instagram #KamuHarusTau yang berisi informasi ringan, menggelitik dan viral di internet sejak 18 September 2014.

Walaupun relatif baru, indozone.id semakin populer di mata netizen. Ini bisa dibuktikan dengan traffict overview yang memiliki trend positif.

6 (enam) bulan terakhir (Jul-Sep), situs yang tersedia di 7 Platforms dan lebih dari +21 Channels ini telah dikunjungi 1.92 juta pengunjung. Artinya, situs ini dikunjungi 320.000 orang per bulan atau memiliki 10 ribuan kunjungan per hari.

Bila dilihat dari sumber traffict, pengunjung situs indozone.id ini didominasi pengunjung dalam negeri. Persentase bahkan mencapai 99,88 % sedangkan sebagian kecil sisanya berasal dari Amerika,Singapura, Malaysia, Chili dan beberapa negara lain.

Menurut saya, tingkat kepopuleran di mesin pencarian (google) juga keren. 76.33% kunjungan ke situs indozone.id berasal dari pencarian (100% organik). Ketika saya mengetik keyword “Situs Berita Millenial dan Gen Z” di kolom pencariaan google, indozone.id muncul di jajaran situs-situs berita populer yang mendiami page one mesin pencarian.

Bahkan saya sendiri mengetahui Indozone.id ini melalui artikel berjudul Mengulik Kejanggalan Dari Kisah Horor KKN Di Desa Penari dari pencarian google.

Segmentasi dan Diferensiasi

Indozone.id membidik segmentasi pembaca dari generasi Millennial dan Gen Z yang melek internet dengan rentang usia di bawah 38 tahun.

Menurut saya, pilihan segmentasi ini sangat tepat karena penetrasi internet di Indonesia 88,5% memang didominasi oleh pengguna usia ini, mulai dari anak sekolahan, mahasiswa dan fresh graduate.

Sebagai situs berita baru dengan segmentasi spesifik, indozone.id memang kudu menawarkan diferensiasi dibanding dengan situs berita online lainnya. Nampaknya hal itu sudah dipertimbangkan.

Diferensiasi yang paling menonjol menurut saya adalah dari sisi pemilihan topic (Content of View), Gaya Penulisan (Linguistic) dan Sudut Pandang Jurnalistik (Jurnalism).

Indozone memilih topik yang dicari banyak orang yakni konten worth-sharing yang populer, viral dan trending dari seluruh dunia dari berita, gaya hidup, kesehatan dan lain sebagainya.

Tentang gaya penulisan, bila ada yang bilang kalau artikel artikel-artikel di indozone.id ditulis dengan kaku dan monoton, maka itu salah besar.

Menurut saya artikel ditulis dengan menggunakan gaya bahasa ragam santai (tidak terlalu formal), tidak lebay, enak dipahami dan mudah ditelaah oleh pembaca, bahkan dari berbagai kategori umur.

Tak jarang artikel yang dipublish membuat penasaran hanya karena membaca judulnya. Sebut saja seperti Kelewat Jenius! Pria Ini Tempel SIM dan SNTK di Bodi Motor Biar Gak Repot, Ibu Ini Malah Senyum Saat Hindari Kereta yang Hendak Melintas, dan sebagainya.

Ada kalanya artikelnya juga bikin baper sendiri seperti Panutanque! ‘The Rock’ Berikan Kejutan Rumah Baru di Hari Natal, Ibunda Menangis, Kisah Menyentuh Bocah 6 Tahun yang Ditinggal Ibunya Meski Sakit Ginjal.

Coba kamu eksplor sendiri kalau tidak percaya.

Setiap Artikel Tak Lebih dari 230 Kata

Sebuah informasi memang tak harus disajikan dengan panjang lebar. Apalagi bagi Millenial dan Gen Z yang menyukai kecepatan dan mobilitas tinggi, maka  informasi yang disajikan memang kudu simpel, padat berisi dan yang penting adalah valid.

Indozone.id tahu hal ini. Maka jangan heran kalau sebagian besar artikel yang disajikan indozone.id panjangnya tak lebih dari 230 kata.

Walaupun begitu bukan berarti artikelnya tak berbobot. Justru karena pendek inilah informasi-informasi yang disajikan malah jadi padat, lugas dan tanpa basa-basi.

Sebagai pembaca, saya suka artikel yang seperti ini karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkaji atau menelaah. Saya jadi lebih leluasa membuka halaman berikutnya yang saya kehendaki.

Sepertinya ini menjadi salah satu ciri khas indozone.id serta menjadi strategi agar artikel-artikel menjadi mudah terindek di google ( SEO friendly ).

Loading Cepat dan Hemat Kuota Data

Pertama kali saya membuka indozone.id, saya terkesan dengan kecepatan loadingnya yang cepat dan ringan baik di laptop maupun handphone. Kecepatan loading ini berkorelasi positif dengan pemakaian data (data usage).

Dalam hal pemakaian data, indozone.id relatif hemat. Dari setiap halaman yang saya buka, data usage tak lebih dari 150 kb.

Artinya, saya dan pengguna lain tak perlu kawatir menelusuri artikel demi artikel yang disajikan karena dijamin hemat kuota data.

Perfoma Bagus, Interface Simple & Responsive

Selain mempunyai loading cepat dan ringan, secara performa situs berita online baru ini mempunyai performa yang masuk dalam kategori “baik”.

Ini dibuktikan dengan score 82 yang diperolehnya bila dicheck melalui website.grader.com. Bahkan score sempurna didapat untuk kategori SEO, Mobile dan Security.

Menurut saya, indozone.id juga mempunyai desain interface yang simple namun eye catching alias sedap di mata. Desain didominasi warna putih dan dipercantik dengan warna merah maroon di beberapa sisi, ciri khas indozone.id.

Yang menarik bagi saya, selain simple indozone.id juga mempunyai navigasi yang memudahkan saya mengekplorasi artikel demi artikel dan channel demi channel.

Dan yang paling penting bagi saya indozone.id 100% responsive. Saya merasa sangat nyaman mengakses dari berbagai macam perangkat elektronik baik laptop, desktop, tablet maupun smrtphone.

 

Kategori Artikel Komprehensif
yang dibutuhkan Millennial & Generasi Z

Hingga artikel ini saya tulis, indozone.id telah memiliki 577 artikel. Dari berbagai kategori yang dimiliki, News adalah kategori dengan artikel paling banyak. Jumlahnya mencapai 45% dari total artikel yang terbagi dalam 16 kategori ini.

Kalau dipelajari lebih mendetail, 16 kategori yang dimiliki indozone.id ini sangat komprehensif, mewakili interest dan kebutuhan para Millennial dan Generasi Z yakni berita ringan dan aktual. 

Begini penjelasannya,

 

Penempatan Iklan Yang Cerdas

Saya memahami bahwa salah satu pendapatan situs berita online adalah dari iklan, baik berasal dari google adsence maupun dari mitra secara langsung.

Namun, banyaknya banner iklan tersebut terkadang mengganggu pembaca, terutama yang muncul bila situs dibuka menggunakan smartphone.

Beberapa situs berita nasional bahkan sudah tidak asik lagi untuk dikunjungi karena memuculkan iklan fullscreen  parallax di header. Selain membuat loading menjadi berat juga menguras kuota data pengguna.

Menurut saya indozone.id sangat cerdas dan hati-hati dalam menempatkan iklan terutama bila dibuka di smartphone. Saya merasa nyaman membaca berbagai artikel tanpa terganggu iklan yang berlebihan.

Pemasangan iklan adsence di bawah artikel dan menggunakan format related post adalah sebuah kompromi yang realistis, setidaknya untuk saat ini. Entah nanti.

Namun, saya berharap policy ini akan bertahan selama-lamanya sehingga pengunjung tetap nyaman mengunjungi indozone.id 

Fitur Indeks yang Memudahkan Pencarian Artikel

Ada satu kelebihan lain yang dimiliki indozone.id dalam hal pencarian yakni indeks. 

Fitur ini sangat bermanfaat dan bisa diandalkan untuk mencari artikel yang diposting berdasarkan tanggal secara cepat dan akurat.

Dengan fitur ini saya bisa membuka artikel-artikel menggunakan sorting by tanggal, bulan dan tahun dengan cepat dan efisien.

Yang Kurang Asik Menurut Saya 

Dari berbagai keunikan dan kelebihan yang saya uraikan di atas, secara teknis Indozone.id sudah memenuhi ekspektasi para Millennial dan Gen Z.

Namun entah kenapa saya kok merasa tidak terlalu asik dengan penggunaan font yakni Montserrat. Font ini terlalu tipis dan kurang nyaman terutama bila situs dibuka melalui smartphone.

Saya berandai-andai kalau indozone.id menggunakan font yang similiar dipakai oleh Apple. Salah satu yang mendekati kesamaan adalah San Fransisco Diplay Regular (SFProDisplay-Regular).

Font ini tegas sehingga visualisasi artikel menjadi lebih berbicara dan berkarakter. Namun sekali lagi, ini hanya masalah selera bukan sebuah kekurangan.

 

Akhir Tulisan

Akhirnya kita sampai pada akhir tulisan.

Terima kasih anda telah membaca artikel berjudul “Berawal Dari Hashtag #Kamuharustau, Indozone.id Kini Platform Berita Viral. Simak, Ini Beberapa Hal yang Saya Suka !”

Dari uraian pendek yang saya sampaikan di atas, apa yang bisa saya simpulkan adalah Indozone.id sangat layak menjadi bahan bacaan para Millennial dan Gen Z setiap hari.

Semoga bermanfaat, saya pamit !

INDOZONE is a new multimedia platform presenting both news and entertainment content which is designed towards the needs of Millenials and Gen Z consumers.
Stay Connecting and Getting update

Kamu butuh LISENSI DIVI Lifetime ?

Klik di sini