Seru-Seruan Bareng Keluarga Ke Malang,

Ini Itinerary Liburanku!

Saat ini kita berada di penghujung tahun 2019. Tak sampai dua bulan ke depan kita akan meninggalkan “Tahun Babi Tanah” ini dan menapakkan kaki di tahun 2020 yang penuh harapan. Tak terasa, ya ?

Ya, rotasi waktu memang terasa cepat. Saya sendiri merasa kalau sepertinya baru kemarin saya berada di ambang pergantian tahun, eh tahu-tahu saat ini saya berada di ambang yang sama. Seperti Dejavu saja.

Pergantian tahun identik dengan liburan. Saya sendiri selalu menunggu momen ini untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Feeling saya momen pergantian tahun kali ini akan lebih meriah karena tahun bershio tikus tersusun dari angka cantik 20 dan 20.

Mau liburan ke mana ?

Lokalan sajalah. Bagi saya yang penting bisa menciptakan momen-momen indah tak terlupakan bersama keluarga tercinta.

“…dan yang penting happy, Pa.” Begitu kata anak-anak saya.

Ya, yang penting happy.

Nah, bila tahun lalu saya dan keluarga menghabiskan liburan pergantian tahun ke Cirebon sekaligus mudik ke kampung halaman di Brebes, tahun ini berbeda.

Saya berencana liburan ke Malang, Jawa Timur.

Kenapa Malang ?

Ada Banyak Tempat Asik di Indonesia, Kenapa Ke Malang ?

Bagi saya malang itu beda. Saya suka sejuknya, saya suka panoramanya dan saya suka kulinernya.

Malang menjadi tempat “pelarian saya”¬†ketika masih sekolah di Jember, Jawa Timur.¬†Dulu, setidaknya sebulan sekali saya mengunjungi kota dengan berbagai julukan ini¬†untuk ngadem, mencari inspirasi, hingga menyelesaikan karya tulis bernama skripsi.

Ya, Malang Raya yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kota Malang ini memang memiliki berbagai julukan seperti Beautiful Malang, Kota Apel, Kota Bunga, Kota Pendidikan, Kota Seni, Kota Pariwisata, Kota Dingin dan sebagainya.

Secara geografis, kota metropolitan terbesar ke-2 di Jatim dan ke-12 di Indonesia yang didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan ini memang dingin karena berada diketinggian dan dikelilingi enam gunung berapi.

Balon

Jajaran gunung berapi itu berbentuk siluet menyerupai perempuan yang sedang tertidur sambil bersedekap tangan. Orang orang pun mengenalnya sebagai jajaran pegunungan Putri Tidur. 

Selain sejuk dan dingin, kondisi geografis ini juga menjadikan Malang mempunyai panorama indah dan menawan sepanjang mata memandang.

Menurut saya, Malang juga salah satu kota destinasi wisata terbaik di Indonesia karena memiliki berbagai obyek wisata unik dan ikonik mulai dari wisata pegunungan, wisata pantai, wisata edukasi dan religi hingga wisata kuliner.

How to go there ?

Bagaimana Ke Malangnya ?

YogyakartaMalang itu cukup jauh. Jaraknya lebih dari 300 km dengan jarak tempuh 7-8 jam bila menggunakan perjalanan darat.

Dengan jarak tersebut, sebenarnya akan efisien waktu bila menggunakan transporasi udara. Namun anak-anak lebih memilih untuk naik kereta api. 

Alasannya memang masuk akal karena selama ini mereka belum punya pengalaman naik kereta api.

Ok. Kenapa tidak, pikir saya. 

Ini akan memberi pengalaman liburan seru dan mengasikkan yang tak terlupakan bagi mereka, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi layanan kereta api sekarang bagus, aman dan nyaman untuk bepergian jarak jauh. Selain itu tarif juga relatif lebih terjangkau dibanding dengan naik pesawat.

Kebetulan sekali ada 5 (lima) jadwal perjalanan kereta api dari Yogyakarta ke Malang dengan berbagai pilhan kereta mulai dari Malabar hingga Malioboro Express.

Selain itu, akses ke stasiun keberangkatan yakni stasiun Tugu Yogyakarta juga dekat, hanya membutuhkan waktu 28 menit dari tempat tinggal saya.

Sedangkan stasiun kedatangan (Stasiun Kotabaru-Malang) juga berada di pusat kota yakni hanya 300 meter dari alun-alun Tugu Malang. 

Perfecto !

 


Stasiun Tugu
Stasiun Tugu Yogyakarta
Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran,
Gedong Tengen, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta

Kota Baru
Stasiun Malang Kotabaru
Kiduldalem, Klojen, Kota Malang,
Jawa Timur
Kemana saja ?

Ini Itinerary Liburanku di Malang

Malang punya ratusan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Namun karena liburan akhir tahun durasinya pendek yakni hanya 3-4 hari, maka saya rasa tak mungkin bisa mengunjungi obyek-obyek wisata tersebut satu per satu.

Agar bisa menikmati liburan dengan baik, saya memilih 5 (lima) obyek wisata menarik untuk masuk dalam Itinerary liburan saya di Malang. Ini dia,

01

Seharian di Eco Green Park

Mengunjungi Eco Green Park adalah permintaan anak-anak. Mereka ingin rekreasi sekaligus belajar mengenal satwa dan lingkungan. 

Nampaknya pilihan anak-anak sangaat tepat karena Eco Green Park memang menyuguhkan wisata edukasi bertema alam. Di kawasan wisata area seluas 5 hektar bagian dari Jawa Timur Park Group ini memang terdapat kebun binatang mini, pusat edukasi lingkungan hingga berbagai wahana permainan anak.

Sepertinya saya dan keluarga akan seharian berada di tempat ini untuk menikmati keindahan alam, melihat aneka satwa yang terpelihara di dalamnya sekaligus mempelajari cara menjaga kelestarian lingkungan dari para ahlinya serta melihat berbagai atraksi menarik yang disajikan.

Eco Green Park ini berada di Jalan Oro-oro Ombo nomor 9A, Kota Wisata Batu, Malang.

Image1

Dunia Burung Beo

Melihat lebih dari 50 spesies beo yang tersebar dari Benua Amerika hingga Asia serta mempelajari Burung Beo hidup dan mengetahui cara melestarikan satwa eksotis ini

Image2

Belajar Mengolah Sampah

Ada Zona Recycle di Eco Green Park yakni tempat untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana mengolah sampah menjadi layak pakai bahkan layak jual

Image3

Rumah Terbaik

Menikmati sensasi dunia serba terbalik di Rumah terbalik. Rumah yang didesain terbalik 180 derajat ini terasa melawan gaya gravitasi. Anak-anak pasti suka merasakan sensasi berjalan dan merangkak di langit-langit rumah

Image4

Eco Journey

Di Eco Journey, pengunjung dapat melihat gambaran-gambaran alam dan juga kerusakan yang dialami alam oleh manusia. Ada banyak sekali pengetahuan baru cara merawat alam ini agar tetap lestari. Anak-anak pasti suka.

Image4a

Melihat Dari Dekat Merak Putih yang Langka

Merak Putih adalah spesies langka di dunia. Entah bagaimana ekspresi anak anak ketika melihat burung Merak Putih yang berasal dari India dan Srilanka ini dari dekat.

Image7

Atraksi Burung

Ternyata di Eco Green Park juga ada atraksi burung alias sirkus burung seperti Burung kakaktua yang ahli berjalan di atas roda, Elang yang terbang rendah dan sebagainya. Pasti seru dan mengasikkan.

Labirin

Labirin Coban Rondo

Tinggi 2 meter. Luas ares 60 x 40 meter

Labirin 2

Labirin Coban Rondo

Butuh tips dan trik untuk bisa keluar dari labirin

02

Mencari Jalan Keluar di Labirin Coban Rondo

Tempat wisata yang berada di komplek air terjun Coban Rondo ini mengingatkan saya pada film “Maze Runner” yang dibintangi Dylan O’Brien.

Sepertinya mengasikkan bisa memecahkan teka‚Äďteki dan menemukan jalan keluar dari labirin yang terbuat dari tanaman setinggi¬† 2 meter dan berada di areal seluas 60 x 40 meter ini.

Anak‚Äďanak juga pasti suka berswafoto di tempat wisata baru dan sedang naik daun ini. Apalagi di Jogja memang tidak ada tempat wisata sejenis ini.

Taman labirin ini berada di kawasan Pandesari, Kec. Batu, Malang.

03

Mengunjungi Museum Angkut

Museum Angkut Malang ini menjadi salah satu rujukan wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Museum yang dibuka pada 9 Maret 2014 oleh Jawa Timur Park Group ini berdiri di tanah seluas 3,7 hektar dan dibangun dengan konsep menarik yakni mengombinasikan antara edukasi dan entertainment. 

Museum Angkut ini¬†tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia Tenggara yang¬†memiliki ragam koleksi kendaraan yang akan “mengangkut” para pengunjung ke berbagai era!¬†

Setiap kendaraan yang dipamerkan di sini disertai latar unik yang merepresentasikan waktu dan tempat di mana kendaraan tersebut biasa digunakan.

Pasti seru dan menarik mengunjungi tempat wisata yang berada di Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Malang ini. 

 

Image1

Zona Edukasi

Image2

Zona Gangster dan Braodway

Image3

Zona Eropa

Image2

Zona Flight Simulator

Image2

Zona China Town

04

Bermain Air Dan Menuliskan Nama di Pasir Pantai Balekambang

Masuk dalam itenerary liburan saya di Malang adalah bermain air dan menuliskan nama di pasir pantai Balekambang.

Ya. Saya memang penyuka pantai. Saking sukanya, hampir sebagian besar pantai di tanah Jawa pernah saya kunjungi mulai Rajeg Wesi yang berada di ujung Timur Banyuwangi Jawa Timur hingga pantai Swarna di Banten.

Semasa sekolah di Jember dulu, saya sering mengunjungi salah satu pantai terbaik di Malang yang terletak di tepi Samudera Indonesia ini. 

Secara administratif pantai ini masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur dan menjadi salah satu obyek wisata andalan kabupaten Malang sejak tahun 1980-an.

05

Berswafoto di Kampung Warna Warni Jodipan yang Instagramable

Ke Malang memang gak seru kalau tak mengunjungi Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan yakni kampung tematik pertama di Kota Malang yang terletak di Kel.Jodipan.

Ketenaran kampung yang digagas para mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan menggandeng program corporate social responsibilities perusahaan cat ini terdengar hingga seantero Nusantara.

Saya sendiri penasaran dan mendadak teringat dengan trip pertama saya beberapa tahun lalu ke Cinque Terre yakni kampung warna-warni negara Spaghetti, Italia. Seperti itukah ?

Bisa jadi malah lebih keren karena di kampung warna-warni Jodipan terdapat jembatan kaca unik sepajang 25 meter dengan ketinggian 9,5 meter yang menghubungkan dengan kampung Tridi, yakni kampung dengan dinding rumah warga yang dicat berwarna warni dan gambar 3D yang instagramable. 

Image1

Kampung Warna-Warni Jodikan

image by Idntimes

Image2

Jembatan Kaca “Ngalam”

Image by @aryo_edan

Kampung tridi

Kampung Tridi

Image by liputan6

Where to Stay ?

Menginap di Mana ?

Selama di Malang saya dan keluarga akan menginap di hotel atau penginapan yang tidak terlalu jauh dari pusat keramaian dan yang terjangkau oleh anggaran.

Yang penting bagi saya penginapan tersebut bersih, akses transportasi mudah, mempunyai fasilitas wifi, dan yang pasti syariah.

 Sebenarnya tak sulit mencari hotel atau penginapan seperti yang saya mau di Malang, terlebih karena saya terbantu dengan aplikasi booking hotel seperti bookinglokal.

Apa itu bookinglokal ?

Bookinglokal adalah salah satu platform baru untuk pemesanan penginapan yang sangat menghemat kantong. Platform ini menawarkan harga dan promo terbaik yang sangat cocok bagi budget travel.

Dengan platform ini pula, saya bisa mendapatkan penginapan syariah dengan harga terbaik untuk liburan tahun baru nanti di Malang yakni Tombro Homestay yang berada di Jl. Ikan Tombro No.48, Tunjungsekar, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Untuk 2 kamar standar selama 4 malam dari tanggal 30 Desember 2019, saya hanya membayar Rp 1.015.431.

Harga ini saya dapatkan karena saya memiliki akun (member) di bookinglokal dan berhak atas promo Rp1000 Satu Malam Pertama. 

Promo ini berlaku bila member melakukan pemesanan minimal 2 (dua) malam atau 2 (dua) kamar dalam 1 (satu) kali pemesanan.

Selain itu promo ini berlaku untuk  periode pemesanan dari 24 Oktober s/d 30 November 2019 dengan periode menginap dari 23 September 2019 s/d 29 Februari 2020.

Ciamik, kan ?

Why ?

Kenapa Pakai Bookinglokal ?

i

Registrasi Mudah

BookingLokal menerapkan sistem registrasi yang mudah yakni hanya melalui 3 (tiga) tahap. #GampangKan ?

Lihat Cara Registrasi

PESAN HOTEL HEMAT BIAYA KAPAN SAJA

BookingLokal mengakomodasikan promo terbaik dari berbagai hotel dan penginapan di 10 kota besar destinasi wisata nasonal yang menjamin bisa menghemat pengeluaran

MEMBERI JAMINAN HARGA TERBAIK

BookingLokal memberi jaminan harga terbaik serta memberikan cashback (dalam bentuk GoPay) dengan angka selisih dari harga yang ditawarkan platform OTA lainnya dan selalu ada promo setiap hari yang membuat semakin hemat kantong 

TRANSAKSI AMAN

BookingLokal menjamin keamanan bertransaksi dengan berbagai metode pembayaran, dan tanpa minimal transaksi

BANTUAN PELANGGAN CEPAT DAN RESPONSIF

BookingLokal menjamin memberikan layanan pelanggan yang cepat dan responsif demikemudahandan kepuasaan pelanggan
..and

Finally

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel berjudul ” Seru-Seruan Bareng Keluarga Ke Malang, Ini Itinerary Liburanku!”.¬†Harapan saya artikel ini bermanfaat untuk menambah referensi liburan akhir tahun dan mendapatkan penginapan atau hotel dengan cara mudah dan hemat di kantong dengan aplikasi BookingLokal.¬†

Ya, liburan tahun baru ini saya dan keluarga berencana ke Malang, Jawa Timur, selama empat hari dengan itinerary liburan mengunjungi 5 (lima) destinasi wisata yang akan memberikan pengalaman seru dan tak terlupakan bagi keluarga.

Kalau anda ?

Platform pemesanan penginapan hemat kantong, menawarkan harga dan promo terbaik cocok bagi budget travel
blog.bookinglokal.com – jtp.id/ecogreenpark – id.wikipedia.org – dakatour.com – wisata-malang.com – travel.kompas.com – mldspot.com

Alur Registrasi BookingLokal

1
2
3
4

Mau API Key

DIVI

Life Time ?

Ya, mau !

Tunggu Dulu, Teman.

Mohon Kerendahan Hati Teman-teman

Artikel Saya di Writing-contest.bisnis.com

UNTUK BANTU NGE-VOTE

MASIH ADA YANG KURANG, NIH !

Vote Artikel &Thanks