Loading Website Secepat Marc Marquez, Raih Sukses di Lintasan Online

Sebentar lagi kita akan menyaksikan kembali pertarungan berdarah-darah para rider dalam gelaran MotoGP 2019 yang akan dibuka di Qatar 2019.

Tahun lalu Marc Marquez sukses menjadi kampiun dan meraih juara dunia setelah sukses mengasapi rival-rivalnya di Motegi Jepang, bahkan ketika race masih menyisakan 3 putaran lagi.

Gabungan dari nyali tinggi, skill, keberuntungan dan performa tunggangan yang menyebabkan “Si Baby Alien” sukses merebut posisi “Sang Raja” sirkuit kelas para raja.

Konon, kecepatan rata-rata Marc Marquez mencapai 350.2 km/jam ketika menunggangi motornya. Kebayang ‘gak betapa cepatnya dia. Pantas saja kalau Marc sudah nangkring sebagai raja MotoGP sebanyak 7 kali dan mendominasi race tiga tahun belakangan ini.

Tapi maafkan saya karena artikel ini tidak membahas tentang Marc dan motoGP berkepanjangan. Keduanya hanya saya pergunakan sebagai analogi saja.

Maksud saya, bila kecepatan motor Marc Marquez adalah kecepatan loading sebuah website yang kita miliki, kira-kira apa yang terjadi ?

Ya, itu adalah pertanyaan retoris yang mestinya ‘gak butuh jawaban karena siapapun akan setuju kalau loading website yang cepat adalah hal yang sangat penting dan memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Terus…

rocket

Website Cepat, Kenapa Penting ?

Kecepatan website memang akan selalu menjadi isue penting dan selalu menjadi pembicaraan dalam setiap diskusi tentang website terutama bagi pengguna CMS wordpress.

Bukan tanpa alasan kalau ini terjadi. Mengingat, walaupun platform WordPress sudah dibangun dengan bahasa kode yang sangat baik namun eksistensinya tak mungkin terpisahkan dengan plugins-plugins.

Sayangnya tak semua plugins yang ada tidak semuanya mempunyai kualitas yang baik. Banyak diantaranya dibuat dengan kualitas rendah yang ujung-ujungnya malah merusak performa website terutama dari segi kecepatan.

 

Selain itu, meskipun kita tidak menggunakan plugins yang berkualitas rendah sebenarnya WordPress memang memungkinkan bagi penggunanya untuk melakukan optimasi agar loading semakin cepat.

Pertanyaan mendasarnya adalah kenapa sih kecepatan website sangat penting ?

Sebagai blogger pemula, saya memang berkepentingan untuk mengetahuinya karena saya pun menginginkan mempunyai website yang berforma cepat untuk berbagai tujuan.

Dan, ini alasan mendasar kenapa kecepatan website menjadi begitu penting dalam pergaulan online,

Upset

Agar Tidak Ditinggalkan Pengunjung

Coba bayangkan bila settingan motor seorang pembalap MotoGP mengalami masalah kelistrikan. Maka siapa pun ridernya pasti kalah berkompetisi karena motor kehilangan daya dan kecepatan.

Begitu pula dengan website. Website dengan loading yang sangat lambat akan kalah bersaing di sirkuit online. Dampak buruknya adalah website akan ditinggalkan oleh pengunjung.

Survey yang dilakukan oleh knowledgehubmedia.com mengatakan bahwa 50% pengunjung menutup browsing bila loading website lebih dari 4 detik.

Dipandang Baik Oleh Google dari
Segi SEO dan Menuai Sukses Online

Sejak tahun 2010, Google mengumumkan bahwa kecepatan halaman akan berdampak pada peringkat website (SEO).

“Sebuah hasil pencarian untuk sebuah website yang memiliki beban muat/loading dengan waktu yang lama dan memiliki beban yang berat, hasil dari penelusuran tersebut dapat diturunkan,” Begitu kurang lebihnya kata Google.

Sangat jelas apa kata Google di atas bahwa website yang terlalu lambat maka akan merangkak-rangkak bahkan lambat laun akan tenggelam di dasar lautan perncarian Google.  Begitu juga sebaliknya bahwa website dengan loading cepat akan dipandang baik oleh Google dari segi SEO dan terus menuai sukses online.

Upset

5 Penyebab Website Lambat

Merujuk sebuah artikel yang saya baca dari laman Dewaweb, ada banyak hal yang secara umum menjadi tertuduh utama lambatnya loading sebuah situs (website).

Secara garis besar, penyebab website mempunyai loading yang lambat adalah 5 (lima) hal sebagai berikut :

Kalau Begitu,
Bagaimana Website Dikatakan Cepat ?

Untuk menganalisa kecepatan website kita, sebenarnya ada banyak tool-tool yang bisa digunakan. Beberapa diantaranya berbayar namun tak sedikit yang bisa dipergunakan secara free.

Kalau mengikuti advise para expert, salah satu tool yang rekomended untuk digunakan adalah GTMetrix yakni tool yang dikembangkan oleh GT.net.

Tool ini memang paling terkenal dan paling banyak digunakan selain Pingdomkarena kita dapat mengecek kecepatan website dari lokasi yang berbeda-beda.

Dibandingkan dengan tool lain, GTMetrix ini cukup mudah digunakan serta  memberi hasil maksimal karena menggunakan kombinasi antara Google PageSpeed Insights dan YSlow untuk menghasilkan nilai dan rekomendasinya.

 

gmetrix

Nah, hasil analisa dengan menggunakan tool ini atau tool lain yang kita pergunakan akan menghasilkan nilai yang menunjukkan kecepatan sebuah website.

Kalau dibuat semacam grade, website dikatakan cepat atau lambat bisa digambarkan dengan ilustrasi berikut ini,

grade

Cara Rasional Mengoptimasi Kecepatan
Website Kita

Membaca berbagai advis para expert memang beragam tentang bagaimana mengoptimasi website terutama bagi pengguna CMS WordPress.

Namun, setidaknya 4 (empat) poin berikut ini adalah cara-cara umum dan paling rasional yang bisa dilakukan agar website menjadi cepat, secepat motor Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan kawan-kawannya.

Pilih tema yang telah dioptimasi & responsif

Tidak menggunakan template yang “neko-neko” yang berpengaruh pada kecepatan loading website. 

Rekomendasi para expert, kalau ingin website yang cepat maka memilih template default WordPress dengan beberapa optimasi sesuai kebutuhan akan jauh lebih baik. Itu yang pertama.

Kedua, template juga harus responsif yakni yang memuat lebih sedikit resources untuk mobile device. Ini penting karena website yang responsif disukai oleh Google karena di saat yang bersamaan kita juga bisa mengoptimasi website menjadi lebih sesuai SEO.

Optimasi Image

Hasil penelitian memang mengatakan kalau gambar membuat 80% pengunjung membaca konten kita. Namun, gambar adalah elemen website yang termasuk berat yang membebani kerja server.

Para expert menyerankan agar kita memilih dimensi gambar yang sesuai serta mengoptimasi (mengkompress) gambar dengan beberapa tool seperti reSmush.it, tinypng dan sebagainya.

Cara lain yang disarankan adalah melakukan lazy loading yang berfungsi menampilkan gambar hanya di browser website, bukan di saat halaman di loading.

Gunakan plugins cache

Caching adalah salah satu cara yang efektif untuk mengoptimasi website, terlebih pada website dengan traffic tinggi.

Caching ini bekerja menyimpan file HTML agar langsung tersedia bagi pengunjung-pengunjung lainnya.

Bagi pengguna WordPress bisa menggunakan plugins W3 Total Cache , WP Super Cache, dan WP Fastest Cache, Rocket dan litespeed. 

Pakai hosting terbaik dan berkualitas

Poin nomer 4 ini paling krusial.

Rasa-rasanya tidak mungkin kita bisa memiliki website yang cepat jika tidak menggunakan hosting terbaik dan yang berkualitas.

Hosting terbaik dan berkualitas bisa dipastikan memberikan jaminan kecepatan bagi pengguna dengan teknologi yang dipergunakannya.

Tidak mesti mahal karena saat ini banyak pula hosting murah namun berkualitas.

Panduan Memilih Hosting Murah dan Terbaik Agar Website Cepat

Begitu besar pengaruhnya hosting terhadap performa dan kecepatan web, maka kita memang harus benar-benar jeli bila membeli hosting untuk website agar tidak menyesal di kemudian hari.

Hosting yang kita beli harusnya mempunyai kriteria-kriteria sebagai hosting yang berkualitas terbaik. 8 (delapan) kriteria di bawah ini adalah beberapa diantaranya,

Kriteria Hosting Terbaik

Kriteria Hosting Terbaik dan Berkualitas Itu
dimiliki Dewaweb

Ya. Hosting terbaik dan berkualitas dengan kriteria-kriteria seperti yang telah saya sebutkan di atas memang tidak harus mahal.

Salah satu provider yang menyediakan hosting murah tetapi mempunyai fitur-fitur terbaik dan dapat dihandalkan untuk membangun website yang cepat untuk berbagai kebutuhan adalah Dewaweb.

Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun (sejak 2014) dan telah melayani lebih dari 32.000, Dewaweb adalah penyedia cloud hosting pertama di Indonesia yang aman, cepat dan dapat diandalkan.

 

Apa beda Dewaweb dengan provider lain ?

Salah satu yang membedakan Dewaweb dengan provider web hosting lain adalah karena Dewaweb menggunakan software webserver tercanggih dan tercepat dari LiteSpeed Technologies.

Teknologi ini terbukti 40 kali lebih cepat dari Apache dalam melayani website dynamic yang menggunakan script PHP.

Price Cloud Hosting Dewa Web
Teknologi Dewaweb
Teknologi Dewaweb

Well, Akhirnya kita sampai di akhir tulisan. Kesimpulan saya adalah kebutuhan website yang cepat memang sudah menjadi keharusan bagi kita bila ingin tampil menjadi pemenang seperti Marc Marquez dalam lintasan online, apapun itu bentuknya.

Salah satu yang paling menentukan atas cepat tidaknya website kita adalah hosting yang kita pakai. Semakin berkualitas hostingnya maka akan semakin cepat website kita dengan tidak meninggalkan aspek-aspek lainnya.

Hosting berkualitas dan terbaik tidak harus mahal. Yang pasti mesti punya kriteria-kriteria seperti yang saya sebutkan di atas.

Dan, salah satu provider yang menyediakan hosting murah dan berkualitas dengan teknologi terbaik adalah Dewaweb.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Mohon di maklumi kalau ada kekurangan karena saya hanyalah blogger pemula yang baru belajar seluk-beluk dunia online.

Bahkan hosting yang saya pakai ini pun warisan. Karena itulah saya selalu berfikir untuk mempunyai hosting murah terbaik agar tidak nyungsep di dasar samudera online yang semakin berdarah-darah.

Thank You.

Daftar bacaan : dewaweb.com – dewaweb.com/blog – freepik.com | design : jualjuel.com

Tunggu Dulu, Teman.

Mohon Kerendahan Hati Teman-teman

Artikel Saya di Writing-contest.bisnis.com

UNTUK BANTU NGE-VOTE

MASIH ADA YANG KURANG, NIH !

Vote Artikel &Thanks