JOSS TENAN, DOMAIN BIKIN BISNISKU SeMAKIN AMBYAR !

Punya domain berarti punya alamat di Internet. Kalau tidak memanfaatkanya dengan baik, entah apa yang merasuki. Bagi bisnis domain bisa bikin bisnis semakin ambyar. Untuk apa saja?

D alam perjalanan peradaban manusia, di antara sekian banyaknya penemuan, satu penemuan paling revolusioner dan sukses mengubah wajah dunia adalah internet.

Bagaimana tidak, teknologi hadil dari Arpanet Project ini kenyataan telah meruntuhkan sekat-sekat dan limitasi geografis antar negara. 

Tak ada yang benar-benar terasing. Semua entitas kehidupan telah terhubung dalam satu jaringan yang bernama internet. Hidup bahkan seperti berada dalam perkampungan besar saja.

Terlepas dari dampak-dampak sosial yang mungkin ditimbulkannya, namun kenyataan internet telah menghadirkan kebermanfaatan.

Domain
Memanfaatkan domain untuk bisnis

Lihat saja, di sana-sini orang semakin terbiasa menggunakan internet untuk berbagai hal mulai dari membaca berita, mencari produk hingga mengakses layanan-layanan tertentu yang memudahkan hidup. 

Bagi pelaku bisnis, internet menghadirkan berjuta peluang dan kemungkinan karena inovasi-inovasi terus bermunculan yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga keberlangsungan usaha.

Namun, dari keseluruhan inovasi yang pada akhirnya membentuk internet tersebut, domain menjadi inovasi yang sangat berpengaruh pada bisnis hingga saat ini.

BERTERIMAKASIHLAH KEPADA

DR. PAUL MOCKAPETRIS

KARENA DOMAIN

Selain kasih kepada Tim Berners-Lee (si Penemu Website), nampaknya orang di seluruh dunia lebih-lebih para pelaku bisnis juga harus berterima kasih kepada Dr. Paul Mockapetris. Kenapa ?

Kalau bukan karena orang ini, kita tidak akan pernah bisa berjelajah internet dan mengonlinekan bisnis dengan mudah. 

Ya.Paul-lah pencipta domain yang dipergunakan sebagai dasar pengembangan internet di dunia hingga saat ini dan menjadi inovasi teknologi yang berkontribusi besar pada perubahan tata kehidupan di era digital.

Apa itu domain ?

 

jualjuel

Kalau pagi-pagi kita ngopi di teras rumah sembari browsing berita online melalui mesin pencarian, itu artinya kita lagi mengakses sebuah domain. 

Begitu juga ketika kita lagi update status facebook, instagram, twiter atau melihat video-video di youtube, saat itu kita juga sedang mengakses sebuah alamat domain.

Saat ini pun kita sedang mengakses website dengan alamat domain www.jualjuel.com ketika membaca artikel ini. Jadi, apa itu domain ?

Ya. Domain adalah sebuah alamat yang mengarahkan ke lokasi tertentu dalam internet dan dapat digunakan untuk berkomunikasi antar komputer atau perangkat lain yang terhubung di internet.

Dalam hirarki akses internet, domain yang basik awalnya berupa angka-angka acak (misal 172.217.26.78) dan digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah perangkat yang terhubung ke internet, memang memiliki fungsi dan kedudukan yang sangat penting.

Tanpa alamat domain kita tidak bisa mengakses dan menemukan informasi apa-apa dalam jaringan internet. Begitu juga sebaliknya. 

Nah, kalau dibuat ilustrasi sederhana, cara kerja dan kedudukan domain kurang lebihnya seperti gambar berikut ini,

 

Domain
Memanfaatkan domain untuk bisnis

DALAM BISNIS,

DOMAIN BISA DIMANFAATKAN

UNTUK APA SAJA, SIH?

Dalam dunia bisnis, domain mempunyai makna yang sangat strategis.

Keberadaannya mampu mengubah persepsi dari tradisional menjadi modern. Di sisi yang lain, domain bahkan mampu menciptakan perusahaan dalam “bentuk baru” yang running secara digital.   

Sebuah institusi bisnis yang mengambil langkah besar dengan bertransformasi dari kovensional menjadi digital (go online) pasti membutuhkan domain.

Dalam praktiknya, institusi bisnis bisa memanfaatkan domain untuk hal-hal berikut,

Bisnis

1

Membangun Website Perusahaan

Di era digital seperti saat ini, website adalah kebutuhan yang tak bisa disepelekan oleh institusi bisnis dalam menjaga kelangsungan usaha.

Nah, domain adalah elemen penting yang dibutuhkan oleh perusahaan bila ingin membuat website (Corporate Website). 

Domain memegang kunci aksesibilitas situs karena secara fungsi memang sebagai alamat (address) yang mengarahkan pengunjung ke sebuah situs (website). Tanpa nama domain, apalah artinya website karena jelas tak mungkin bisa diakses dan ditemukan dalam belantara internet.

Menegaskan kembali manfaat domain bagi sebuah situs atau website, mari kita segarkan kembali ingatan kita sejenak pengertian website.

Website itu kumpulan-kumpulan halaman digital di jaringan internet yang dibuat saling berhubungan dan dapat diakses secara luas home page dengan menggunakan nama domain melalui berbagai macam browser. 

Tambah jelas, bukan ?

Namun, domain bukan satu-satunya elemen yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website perusahaan. Selain domain, website perusahaan juga memebutuhkan elemen-elemen penting lainnya yakni hosting dan konten website.

Ketiga elemen tersebut adalah satu kesatuan yang mempunyai hubungan saling ketergantungan satu sama lain dan saling pengaruh mempengaruhi.

Agar kita mendapatkan pemahaman yang komprehensif lagi, keterkaitan dari ketiganya bisa dijelaskan dengan ilustrasi berikut ini,

Ilustrasi Hosting

Dalam ekosistem bisnis, website memang mempunyai peran signifikan. Ini karena website mampu mempresentasikan diri sebagai media yang mampu mendatangkan berbagai manfaat dan keuntungan untuk menjaga keberlangsungan usaha. Sebelum berlanjut, coba tengok sebentar 3 (tiga) manfaat website berikut ini,  

 

Menjadi Identitas Online yang mendukung kredibilitas perusahaan

Sebagai identitas online ini, website bermanfaat sebagai media untuk menunjukkan eksistensi dan kredibilitas perusahaan, memperkuat branding, mempresentasikan produk serta keunggulan komparatif perusahaan, dan lain sebagainya.

Menjangkau Pasar Lebih Luas

Dibanding media lain yang mempunyai fitur terbatas, website justru menyediakan fitur yang hampir tidak terbatas sebagai media pemasaran online yang dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas.

w

Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Manfaat lain website bagi bisnis adalah menjadi media agar selalu terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan 24/7.

2

Punya Alamat Email Bisnis Dengan Nama Domain Sendiri

Manfaat lain domain bagi bisnis adalah bisa membuat email bisnis dengan menggunakan nama domain sendiri, contoh haloadmin@jualjuel.com.

Ketika bisnis adalah sebuah “trust” maka email dengan nama domain sendiri itu penting karena secara teknis mempengaruhui penilaian dan reputasi perusahaan dan memberikan kesan profesional di mata sesama pebisnis (relasi) dan pelanggan.

Tak hanya itu, email dengan nama domain sendiri juga memudahkan perusahaan melakukan branding dan promosi bisnis.

Logisnya, setiap penerima email pasti akan memperhatikan setiap alamat email yang masuk. Nah, ketika email masuk tersebut menggunakan nama domain, tentu saja respon penerima akan berbeda dibandingkan bila menggunakan email gratisan.

Dilihat dari segi keamanan, email menggunakan domain sendiri juga lebih aman dengan mengikuti proteksi hosting yang dipergunakan.

Joss Tenan Domain Bikin Bisnisku Semakin Ambyar! 1

3

UNTUK MEMBANGUN Sistem Informasi dan Aplikasi BISNIS Perusahaan Berbasis Web

Untuk hal yang lebih kompleks, domain juga dibutuhkan bagi bisnis yang ingin membangun sistem informasi perusahaan yang running underweb.

Sebelum saya resign, perusahaan tempat bekerja saya dulu membangun sistem informasi penjualan yang bernama exoduz. Sistem ini berjalan underweb karena menggunakan domain dan hosting perusahaan, exoduz [dot] s********.co.id.

Sistem infomasi yang sangat kompleks dan digunakan secara online dan realtime oleh semua cabang yang tersebar di DIY dan Jateng ini didevelop oleh developer dari Jakarta.

Contoh lain penggunaan domain untuk sistem informasi dan aplikasi berbasis web adalah software-software HR untuk mengelola data karyawan seperti linvrh, orangehrm, sistem aplikasi booking hotel, film, dan sebagainya.

 

 

Ilustrasi Sistem Informasi

KALAU SAYA,

DOMAIN SAYA MANFAATKAN

UNTUK APA ?

Sesuai dengan kebutuhan saya yang ingin menuai untung dalam bisnis di era digital saat ini, saya beli memanfaatkan domain untuk go online.

Ya, domain saya pergunakan untuk mengonlinekan bisnis jual beli burung import khususnya burung Wambi beserta perlengkapannya melalui website dengan domain www.jualburungjogja.com. 

Ide memanfaatkan domain untuk website bisnis jual-beli burung ini berawal dari kenyataan di mana selama dua tahun bisnis offline saya mengalami penurunan omset.

Sebabnya, selain persaingan yang semakin sengit, juga karena burung Wambie relatif mahal. Harga termurah saja sekitar 2,5 juta. Dengan harga segini jelas segmentasinya sempit dan hanya orang-orang tertentu saja.

Website bisnis saya ini relatif masih baru belum ada setahun dan masih dalam pengembangan secara bertahap. Walaupun demikian, meminjam istilah Didi Kempot, website ini sudah bikin bisnisku ambyar dengan berbagai keuntungan yang saya dapatkan.

Sebelum mempunyai website, konsumen saya hanya berasal dari lingkungan lokal Jogja saja. Banyak di antaranya bahkan karena referensi atau “gethok tular”.

Nah, setelah mempunyai website ini, keadaannya jadi beda. Dengan upaya digital marketing sederhana, saya bisa menjangkau calon pembeli lebih luas. 

Hingga saat ini, saya malah mempunyai beberapa pelanggan tetap yang berasal dari luar kota bahkan sampa luar pulau seperti Lampung, Ternate danmedan.

Yang menggembirakan lagi adalah website telah memberi kontribusi kenaikan omset dan keuntungan bisnis (up and down) hingga 35% dibandingkan ketika saya masih mengandalkan toko offline saja. 

 Ambyar tenan !!!

 

 

 

 

Homepage Jualburungjogja.com

BELI DOMAIN dan hosting MURAH,

terus bikin WEBSITE BISNIS MENARIK DENGAN

WEBSITE BUILDER DARI RUMAH WEB

Website untuk bisnis memang kudu menarik. Alasannya, desain website sangat mempengaruhi proses dan kinerja bisnis. Selain itu, website yang menarik juga menjadi alat pemasaran yang membantu untuk mendatangkan pengunjung baru.

Nah, Semakin majunya teknologi website, membuat design website bisnis yang keren dan menarik memang tak lagi sulit. Seseorang bahkan tidak harus menguasi bahasa coding yang rumit dan njlimet. Teknologi website yang saya maksudkan adalah website builder.

Ya. website builder memang memudahkan dalam membuat website, menata dan mengustomisasi website bisnis. Semuanya bisa  dilakukan secara instan, cepat dan tak membutuhkan waktu lama.

Ini karena page builder umumnya mempunyai fitur drag ‘n drop ayang secara teknis cara kejanya tinggal tarik dan letakkan di sana-sini dengan mudah. 

Saat ini ada banyak sekali website builder yang bisa dipergunakan seperti Weebly, Beaver, Elementor, Themify, Divi, Aqua Page Builder, oxygen builder dan lain sebagainya.

Dengan fitur yang sedikit terbatas, sebenarnya kita bisa saja pakai website  builder versi free. Namun bila ingin menggunakan fitur-fitur yang lengkap tentu pilihanya adalah menggunakan website builder versi premium (berbayar).  

Sayangnya, untuk website  builder versi premium harganya relatif mahal, bahkan  bisa  jutaan. Itu juga belum terhitung biaya untuk beli domain dan hostingnya.

Sebenarnya ada satu solusi kalau pengin menggunakan website  builder premium secara gratis untuk membuat website bisnis agar menarik. 

Caranya adalah dengan membeli paket domain murah dan hosting murah di provider yang menyediakan fasilitas website builder premium secara gratis.

Ya. Memang tak banyak provider yang menyediakan fasilitas ini. Yang saya tahu, salah satunya adalah RumahWeb.

Apa yang ditawarkan rumahweb ?

 

Menawarkan 2 (Dua) Pilihan Website Builder

Rumahweb menawarkan solusi pembuatan website yang mudah dengan menyediakan 2 (dua) pilihan website builder premium yaitu Weebly dan Rumahweb Sitebuilder.

Kedua website builder tersebut sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekali pun (Beginner Friendly) yang tidak memahami bahasa-bahasa pemograman (coding) yang njlimet.

Jenis Website Builder
Premade Website Builder

Menyediakan Banyak Pilihan Template

Tak perlu kuwatir bila belum mempunyai ide untuk website bisnis, karena salah satu fitur unggulan website builder rumahweb adalah menyediakan puluhan pilihan template premade yang dapat disesuaikan (custom) dengan kebutuhan.

Apa pun jenis template yang dipilih, website dijamin akan tambil keren, menarik dan profesional.

Percaya saja sama saya !

 

Team Support 24x7

Walaupun website builder pada dasarnya relatif mudah digunakan, namun mungkin saja ada beberapa fitur yang belum dimengeti, terutam bagi pengguna baru.

Tapi jangan kuwaatir karena rumahweb menyiagakan team support yang siap membantu apa pun, kapan pun dan di mana pun selama 24 /7. Selain itu, rumahweb juga ngadain training gratis setiap hari Sabtu di semua kantor cabang. 

Customer Service RumahWeb

PAKET HOSTING APA YANG GRATIS

WEBSITE BUILDER

DI RUMAHWEB ?

Ya. Tidak semua paket hosting murah di rumahweb include fitur website builder ini. Kenapa ? Ya karena kebijakan rumahweb memang begitu :).

Kalau mau fitur website builder ini, kita mesti pilih paket PROFESIONAL HOSTING atau ENTERPRISE HOSTING atau UNLIMITED HOSTING. 

 

Apa fitur dan keunggulannya ?

Nah, tentang fitur-fitur, keunggulan dan harga masing-masing hosting tersebut, silahkan klik satu demi satu tab view di bawah ini.

Harga Hosting Profesional
Harga Hosting Enterprice
Harga Hosting unlimited

MATUR NUWUN

Matur nuwun telah membaca artikel. Walaupun saya tidak memberi ponter-pointer kesimpulan dari artikel ini, setidaknya kita tahu berberapa cara memanfaatkan domain untuk bisnis.

Mengakhiri tulisan ini saya mau bilang, bahwa ketika angin perubahan bertiup kencang, banyak orang membangun tembok tinggi untuk menghadang angin dan sebagian lagi membangun kincir angin untuk menikmati hembusannya.

Kalau saya memilih membangun kincir angin dengan memanfaatkan domain untuk membuat website bisnis saya bersamaa rumahweb. Kalau anda ?

Semoga bermanfaat. Saya pamit !

rumahweb.com unsplash.com www.freepik.com
Art, design dan infografis www.jualjuel.com