Baca Pengalaman Saya Ini,
Anda Akan Paham Mengapa Domain Penting untuk Bisnis

Masih banyak institusi bisnis melakukan promosi berbudget besar di tengah perubahan saat ini. Namun, tak sedikit yang melakukan langkah besar dengan membeli nama domain dan membangun website.
Mengapa domain penting untuk bisnis ?

Kalau anda mbolang ke Jogja melawati jalan-jalan protokol, coba deh anda tengok ke kanan dan ke kiri, anda pasti akan melihat berbagai material promosi berupa billboard, baliho, banner dan sejenisnya dengan berbagai ukuran.

Tahukah anda berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk material-material promosi itu setiap tahunnya ?

Saya mau cerita sedikit nih berdasarkan pengalaman beberapa tahun lalu.

Ketika saya masih bekerja pada sebuah perusahaan distributor otomotif roda dua di Jogja, sebuah billboard berukuran 12 m x 6 m misalnya, bisa menghabiskan biaya hingga 27 jutaan.

Namun, biaya segitu itu hanya untuk pajak reklame saja lohbelum termasuk biaya cetak material, pasang, sewa tanah kalau lokasinya berada di lahan perorangan dan biaya maintenance.

Nah, coba bayangin saja, bagaimana kalau perusahaan mempunyai puluhan billboard sejenis dan ratusan material promosi outdoor lain yang tersebar di DIY dan Jateng, berapa duit, tuh ?

Ya, betul. Tinggal dikalikan saja. Biaya yang di keluarkan oleh perusahaan untuk promosi Above The line tersebut mencapai ratusan juta rupiah. Kalau ditambah dengan biaya promosi event dan aktifitas, biaya perusahaan bisa mencapai milyaran rupiah per tahun. High Cost, bukan ?

Merubah Pola Dari High Cost Menjadi Low Cost

Seiring perjalanan waktu, promosi berbiaya tinggi (high cost) tersebut turut memberi kontribusi terjadinya gejolak dalam perusahaan. Lebih-lebih ketika penjualan terus menurun karena demand tidak tumbuh serta price war dengan kompetitor yang semakin berdarah-darah.

Beruntung saat itu tidak menyebabkan PHK massal. Namun, gejolak telah mengakibatkan beberapa dampak, salah satunya “penyesuaian bonus karyawan” hingga beberapa bulan. 

Singkat cerita, perusahaan akhirnya mengkaji ulang seluruh kebijakan marketing-promosi dan mengubah polanya dari high cost menjadi low cost.

Bagaimana ?

Saya masih ingat betul bahwa langkah pertama yang diambil perusahaan adalah membentuk divisi baru untuk promosi melalui media sosial..

Kedua, perusahaan memutuskan membeli nama domain. Lalu dipilihkan satu penyedia domain murah di Jogja yakni rumahweb.com, dengan nomor Registry Domain ID: 21574997XX_DOMAIN_COM-VRSN.

Mungkin anda bertanya, kenapa perusahaan membeli domain. Apa pentingnya ?

Manfaat Domain untuk Bisnis

Ya. Pembelian domain oleh perusahaan saat itu memang dimaksudkan untuk membangun website sendiri guna mendukung strategi promosi online.

Nah, karena menyangkut website, maka dalam pembelian domain tersebut juga termasuk juga pembelian Hosting (self hosting). 

Faktanya memang begitu dan ini logis karena domain hanyalah nama atau alamat jalan menuju web server di mana hosting yang menyimpan file-file website berada.

Namun, domain sangat penting bagi keseluruhan sistem website karena memudahkan pengguna mengakses isi website itu sendiri. Pahami alur kerja website berikut, 

Mengapa Domain Penting untuk Bisnis

Terlepas dari pengertian , jenis domain serta alur kerja website di atas, namun sejak membeli domain dan membangun sebuah website perusahaan merasa telah mendapatkan berbagai manfaat luar biasa.

Manfaat tersebut, langsung maupun tidak langsung, bahkan telah memberi pengaruh yang besar pula bagi arah dan strategi bisnis perusahaan di waktu selanjutnya.

Hal tersebut saya ketahui setelah perusahaan melakukan evaluasi komprehensif terhadap keberadaan domain dan website setelah running selama enam bulan dalam meeting management.

Dari hasil evaluasi perusahaan tersebut, saya bisa menyimpulkan manfaat serta arti penting nama domain dan website bagi kemajuan bisnis perusahaan, sebagai berikut :

Menjadi Identitas Online

Membeli domain dan membangun website adalah langkah besar dan momentum yang luar biasa saat itu karena akhirnya perusahaan mempunyai identitas online.

Dengan identitas online ini perusahaan bisa leluasa menunjukkan eksistensi, memperkuat branding, mempresentasikan keunggulan komparatif  perusahaan serta untuk menjangkau pasar yang lebih luas dalam iklim bisnis yang semakin digital.

Menciptakan Peluang Bisnis dan Transaksi

Manfaat kedua adalah menciptakan peluang besar terjadinya transaksi bisnisIni terbukti melalui hasil survey internal yang dilakukan oleh divisi penelitian dan pengembangan (litbang) saat itu.

Hasil survey menunjukkan bahwa konsumen ternyata membuka website perusahaan lebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan sebelum memutuskan datang ke dealer untuk melakukan transaksi. 

Menghemat Biaya Promosi

Yang paling fenomenal, keputusan perusahaan membeli domain dan membangun website telah menghemat biaya promosi hingga ratusan juta.

Betul. Efektifnya media sosial dan website mendorong perusahaan mengurangi media promosi berbudget besar seperti baliho, roundtag, branding pos-pos polisi dan sebagainya.

Memudahkan Kinerja Marketing

Para marketing tidak lagi kebingungan bila kelupaan membawa brosur atau leaflet line up produk. Dengan menggunakan handphone yang dimilikinya, mereka bisa melakukan prospek dan presentasi kepada calon pelanggan dengan mudah.

Selain mudah, para marketing lebih percaya diri serta mempunyai kebanggaan tersendiri.

Akhir Tulisan

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini sampai akhir.

Secara esensi artikel ini menjawab pertanyaan mendasar “Mengapa Domain Penting untuk Bisnis” dalam sudut pandang pengalaman empiris saya saat masih bekerja pada sebuah perusahaan distributor otomotif roda dua di Jogja.

Karena berbagai pertimbangan, saya minta maaf karena tidak bisa menuliskan secara eksplisit nama perusahaan yang berkantor pusat di jalan Margoutomo (dulu jl. Pangeran Mangkubumi) ini. 

Walaupun demikian saya berharap tidak menghilangkan esensi artikel seperti yang saya maksudkan di atas.

Lain dari pada itu, saya berharap artikel ini mampu memotivasi pelaku bisnis agar mempunyai domain sendiri dan membangun website untuk kesuksesan bisnis di era digital saat ini.

Ada banyak provider domain murah dan hosting murah di Indonesia, namun untuk dua hal tersebut, anda bisa mengandalkan rumahweb.com.

Selain berpengalaman lebih dari 17 tahun dan memliki lebih 30 server, hanya dengan Rp 19.900 per bulan anda sudah bisa memiliki domain, hosting dan website sendiri untuk bisnis anda.

Terima kasih, saya pamit.

Image by unsplash.com , freepik.com

Kamu butuh LISENSI DIVI Lifetime ?

Klik di sini