Menikmati Warna-Warni Kemerdekaan Dengan Asus VivoBook Ultra A412DA

The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook

Merdeka ! Selamat datang Agustus. 

Ya. Bulan ini adalah bulan magis bagi bangsa Indonesia. Bulan yang menghantarkan republik ini pada pintu gerbang kemerdekaan yang menjamin kebebasan hidup, berserikat dan berkumpul tanpa bayang-bayang penjajah.

Di seluruh pelosok negeri, euporia masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan terasa sekali. Jalan-jalan protokol hingga gang-gang sempit berhias bendera dan umbul-umbul merah putih. Berbagai kegiatan pun dilakukan oleh warga mulai tirakatan, lomba-lomba dan yang menjadi penghulunya adalah upacara pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih di tanggal 17 Agustus.

Tempo hari, dari pinggir lapangan saya mendengarkan pidato Bu Camat Kalasan yang baru, Siti Anggraeni Susila Prapti SH MM, yang menguras emosi.

{

Hadirin, Kemerdekaan ini tak muncul dengan sendirinya. Ada pengorbanan yang besar dari para pahlawan bangsa dalam merebutnya. Percayalah bahwa mereka telah bertaruh harta benda dan nyawa yang hasilnya bisa kita nikmati saat ini,” Kata beliau dengan suara lantang. 

Betul, Bu. kita berhutang budi pada mereka, kata saya dalam hati.

Ya. Ada jasa para pejuang di segelas kopi hitam yang menemani saya mengurai ide-ide dalam lembaran-lembaran digital setiap hari. 

Tanpa kemerdekaan yang mereka perjuangkan, belum tentu juga saya bisa melihat warna-warni deretan laptop asus terbaru “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook Asus”, salah satunya adalah Asus VivoBook Ultra A412DA
Saya berani bertaruh !

Merdeka Negeriku,
Bangga Jinjing Laptop Mungil Tertipis di Dunia,
 VivoBook Ultra A412DA 

“Size Does Not Matter !”

Yes. Ukuran memang bukan sebuah masalah. Besar atau pun kecil hanya kesepakatan bilangan angka yang dalam banyak hal tidak menjadi sebuah tolak ukur. Nyatanya, bambu runcing yang seukuran lengan tangan pun mampu mengusir penjajah dari bumi pertiwi di era pergerakan dan perjuangan, 74 tahun lalu. Benar ‘gak sih ?

Dalam dunia teknologi laaptop, siapa juga yang berani nge-claim kalau mungil dan tipis dianggap tak “berdaya” bila dibandingkan dengan yang berukuran jumbo.

Mindset kita memang kudu diubah karena kenyataannya tidaklah demikian. Setidaknya ini dibuktikan dengan hadirnya jajaran laptop-laptop Asus keluarga VivoBook mulai dari ASUS VivoBook Pro F570 yang dirilis awal tahun 2019 lalu hingga yang fresh off the oven adalah VivoBook Ultra A412DA.

Saking mungilnya laptop ini, Asus bahkan terang-terangan menyematkan label sebagai salah satu laptop ultrabook paling ringkas di kelasnya pada laptop VivoBook Ultra A412DA ini. Kok Bisa ?

Ya. Secara dimensi VivoBook Ultra A412DA memang relatif kecil. Lebar layar saja hanya 14 inci dan ketebalan hanya 1,9 cm serta bobot tak lebih 1,5 kilogram.

Namun, dengan ukuran yang mungil dan tipis ini, VivoBook Ultra A412DA justru memberi advantage lebih bagi penggunanya. Ya, tentu saja selain ringan dan mudah saat dijinjing, laptop ini juga tidak memakan space lebih bila dimasukkan ke dalam tas.

Untuk para millennial yang kerjanya suka berpindah-pindah tempat dengan cepat alias remote working, laptop terbaru Asus ini bikin bangga memilikinya dan menjadi pertimbangan utama.

 

Walaupun laptop Asus terbaru ini mungil namun jangan dikira kalau layarnya juga kecil gak nyaman. Tempo hari pas saya jalan-jalan di Amplaz Jogja saya sempat ngelus-ngelus laptop yang satu ini dan melihat sendiri kalau layarnya nyaman buat aktivitas digital.

Dimensi layarnya memang hanya 14 inc namun teknologinya sudah pakai FHD dengan rasio layar ke bodi mencapai 87 %. Ini karena bezel didesain tipis yakni hanya 5,7 mm.

Menariknya, VivoBook Ultra A412DA ini mempunyai fitur ErgoLift yakni bila layar ditarik kebelakang hingga mentok, bodi laptop dibagian engsel layar bisa naik ke atas dua derajat sehingga keyboard tidak sepenuhnya membentuk sudut siku-siku.

 

Naiknya body ini mengasikkan karena posisi keyboard malah jadi sangat nyaman buat ngetik. Ini yang tidak dimiliki merk lain, Bos.  Keuntungan lain dari posisi ini, sirkulasi udara yang dibutuhkan untuk mendinginkan laptop juga semakin lebar. 

Kenyamanan mengetik juga ditunjang keyboard yang dilengkapi dengan backlight dengan tiga tingkat kecerahan. Bagi pengguna yang menyukai suasana kerja remang-remang cahaya seperti saya, keyboard Asus Vivobool Ultra A412 ini dapat diandalkan.

Soal touch pad Asus VivoBook Ultra A412DA ini, selain lebar juga ditunjang juga dengan sensor fingerprint di sudut kanan atas untuk keamanan dan juga mendukung fitur Windows Hello untuk login cepat ke sistem operasi

Kecil-Kecil Cabe Rawit, Sekali “On”
Langsung Menggigit

Boleh jadi laptop ini kecil mungil dan tipis. Namun jangan bilang kalau performa dan kinerjanya juga semungil bodynya. Tidak !

ASUS VivoBook Ultra A412DA ini tergolong mempunyai performa dan kinerja yang mumpuni. Apa sebabnya?  Sebabnya karena laptop terbaru Asus ini adalah salah satu dari tiga laptop AMD pertama Asus yang menggunakan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series, yakni AMD Ryzen 3 dan AMD Ryzen 5.

Dengan prosesor AMD terbaru ini Asus VivoBook Ultra A412DA cukup mumpuni memenuhi kebutuhan digital sehari-hari apalagi didukung GPU Radeon RX 540X dan RAM 4 GB (default) yang upgradable menjadi 12 GB dengan slot terpisah. 

Untuk media penyimpanan,  Asus VivoBook Ultra A412DA juga lebar banget dengan dual storage yakni HDD 500GB/1TB 5400 rpm SATA HDD dan SSD hingga 512 GB yang memakai jalur SATA maupun PCIe.

Poinnya, selain menawarkan kinerja yang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan multimedia harian, laptop ini juga memberikan kenyamanan dalam pemakaiannya dengan baterai 2 cell berkapasitas 37 Wh berteknologi fast charging yang mampu ngecharge 60% dalam waktu 49 menit saja.

 

Interface Berdaya Guna Untuk Kebutuhan Harian

Memang tak butuh interface banyak untuk membuat laptop ini jadi berdaya guna. Ya betul. Asus lebih tahu bahwa body laptop yang compact pun tetap harus memperhatikan estetika. 

Maka Asus VivoBook Ultra A412DA ini hanya dibenamkam interface standar namun cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Sebut saja seperti Combo audio jack, USB Type A 2.0, USB type A 3.1, USB Type C 3.0 dan slot Micro SD masing-masing berjumlah satu buah.

Sedangkan untuk koneksi ke VGA, laptop Asus ini mengandalkan kabel HDMI bukan RGB.

Menariknya, laptop ini juga tidak menyematkan port RJ-45 karena untuk kebutuhan koneksi jaringan internet telah  disediakan teknologi Integrated Wi-Fi 5 dual band (802.11 ac (2×2)) yang memberikan kecepatan akses internet hingga 867 Mbps. Tersedia juga Bluetooth® 4.2 untuk koneksi peer to peer jarak dekat.

Semakin Hemat di Kantong dengan
Pre-Installed Windows 10 Asli

Bila kita membeli laptop Asus terbaru ini, kita tak perlu lagi membeli OS Windowsnya atau malah menjadi “gila” dengan mencari-cari versi bajakannya karena Asus VivoBook Ultra A412DA ini sudah pre-install dengan Windows 10 asli (genuine).

Setidaknya kita bisa menghemat hingga Rp 2.599.999 untuk membeli Windows 10 Home version original walaupun Asus sendiri merekomendasikan Windows 10 Pro untukk laptop ini.

Asik, kan ?

 

Informasi Spesifikasi Produk

SpesifikasiDeskripsi Teknologi
ProcessorAMD® Ryzen 7 3700U Processor, 
AMD® Ryzen 5 3500U Processor, 
AMD® Ryzen 3 3200U Processor, 
AMD® Athlon II Dual-Core 300U Processor,
Operating SystemWindows 10 S
Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro.
Endless OS
Memory4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory,
1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM
Display14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare IPS-level Panel with 45% NTSC with wide 178° viewing angles
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC 
14.0" (16:9) LED-backlit HD (1366x768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
StorageHard drive:
500GB/1TB 5400 rpm SATA HDD
Solid state drive:
128GB/256GB SATA 3.0 M.2 SSD 
Solid state drive:
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
KeyboardWi-Fi
Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2x2)) 
Bluetooth
Bluetooth® 4.2
Interface1 x COMBO audio jack 
1 x Type-A USB2.0 
1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1) 
1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1 / Gen 2) 
1 x HDMI 
Battery2 -Cell 37 Wh Battery
Power AdapterPlug type :ø4 (mm)
Output : 19 V DC, 2.37 A, 45 W
Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
DimensionsNB: 322 x 212 x 19.9 mm (WxDxH)
WeightNB: 1.5 kg with battery
CertificatesUL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB, Energy Star
Manufacturer Warranty1-year limited international hardware warranty. *May vary by country

Kesimpulan

Overall, Asus VivoBook Ultra A412DA terbaru ini rekomended banget bagi siapa saja yang membutuhkan laptop dengan design yang compact namun mumpuni untuk kinerja multitasking ringan harian, apakah sebagai seorang pelajar, mahasiswa, blogger, pekerja kantoran dan sebagainya.

Laptop terbaru Asus ini sudah tersedia di berbagai e-commerce terbaik dan terpercaya di Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau yakni 6 jutaan untuk yang menggunakan AMD® Ryzen 3. 

Yuk, kita nikmati warna-warni kemerdekaan dengan empat warna yang fresh dari Asus VivoBook Ultra A412DA ini. Tunjuk saja salah satu warna yang disukai yakni Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue dan Coral Crush.

Saya suka warna Coral Crush. Kalau kamu ?

Transparent Silver
Slate Grey
Peacock Blue
Coral Crush

Kamu butuh LISENSI DIVI Lifetime ?

Klik di sini