Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 Oli TERBAIK Untuk Maticku

Ketika mesin motor maticku rontok gara-gara menggunakan oli motor eceran yang tersedia dibengkel-bengkel kampung, saat itulah saya baru menyadari betapa pentingnya menggunakan oli motor terbaik. Pengalaman itu membuat saya antipati menggunakan oli motor eceren dan beralih ke Pertamina Enduro Matic.

Pertamina Enduro Matic
tuup botol

Mesin motor itu seperti halnya tubuh kita. Untuk tetap sehat ia motor juga membutuhkan perawatan optimal dan “asupan gizi” yang baik.

Nah, bila tubuh kita mempunyai jantung yang fungsi utamanya adalah memompa darah lewat pembuluh darah dengan kontraksi berirama dan berulang, begitu pula dengan mesin sepeda motor.

Jantung bagi mesin sepeda motor adalah piston. Orang kampung seperti saya lebih akrab dengan sebutan “seker”, sedangkan oli motor (pelumas) adalah darah bagi sepeda motor tersebut. Yes, keduanya tidak bisa dipisahkan seperti darah dan tubuh kita.

Nah, menempati fungsi penting seperti darah dalam tubuh kita, tentu saja oli motor juga mempunyai fungsi mendasar dan sangat vital. Bisa dipastikan mesin motor akan rontok bila kehabisan oli atau bergerak tanpa oli.

Demikian juga bila oli motor kita kotor karena menggunakan oli motor murahan dan tidak berkualitas. Sepertinya hanya mimpi di siang bolong kalau berharap motor kita sehat, awet dan nyaman dikendarai.

Bila ini terjadi, percayalah kita malah akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk perbaikan. Dampaknya, selain akan mengganggu kondisi keuangan juga menggangu aktifitas-aktifitas harian kita.

Ya, saya dulu pernah mengalami hal ini. Itu karena kelalaian dan kesalahan sendiri yang tidak bijak menggunakan oli motor hanya gara-gara “terprovokasi” harga murah dan ingin hemat.

Sejak saat itu saya menjadi antipati dan tak mau lagi menggunakan olie murahan yang umum dijual dibengkel-bengkel di sekitar tempat tinggal saya, bahkan andai dikasih gratis sekali pun. Sorry, Mas Bro!

Kenapa Oli Motor Penting, Apa Fungsinya?

Sebenarnya ini pertanyaan retoris namun demikian tidak semua pemilik motor tahu arti penting dan fungsi oli motor dengan baik. Kebanyakan orang hanya tahu kalau oli motor adalah pelumas yang tanpanya mesin motor akan rontok bila dijalankan.

It’s okay-lah. Nggak salah. Saya dulu juga tahunya cuman sebatas itu. Namun ketika motor rontok gara-gara salah pilih oli, saya baru tertarik cari-cari informasi tentang oli motor.

Nah, secara fungsi dan manfaatnya, oli motor tidak hanya sebatas sebagai pelumas saja. Technically, ada banyak fungsi dan manfaat lain yang ujung-ujungnya menjaga kinerja mesin agar lebih awet dan terlindungi

Secara detail, oli motor mempunyai fungsi dan manfaat sebagai berikut. 

Yuk, disimak.

mesin1
Sebagai Pelumas (Lubricating) Meminimalisasi gesekan-gesekan antar logam komponen mesin sehingga gerakan mesin menjadi halus dan mencegah gesekan yang terlalu kasar yang menyebabkan rusaknya komponen mesin 1 of 6 Sebagai Pendingin (Cooler)
Oli mengalir dalam permukaan komponen mesin yang sekaligus membawa panas ke penampungan oli dan selanjutnya panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri penampungan. 2 of 6
Sebagai Pelindung (Protector)
Oli melindungi mesin dari korosi (karat) dengan cara mencegah reaksi oksidasi dan menghilangkan reaksi kimiawi akibat pembakaran yang meninggalkan kerak 3 of 6
Sebagai Pembersih (Cleaner)
Oli akan membersihkan kerak-kerak yang memungkinkan masih tertinggal disela-sela mesin akibat pembakaran dan dibuang saat pergantian olie. 4 of 6
Sebagai Peredam Getaram (Reducing)
Pada saat bekerja, beberapa komponen mesin akan mengalami gaya tekan yang besar seperti pada ball bearing, roller bearing dan roda gigi. Tekanan yang terjadi pada permukaan kontak akan mengakibatkan getaran dan Oli akan menyebarkan tekanan dan menyerap getarannya. 5 of 6
Sebagai Penyekat
Ini berhubungan dengan kinerja piston (seker) dengan silinder yang memerlukan sifat kedap udara. Olie dapat mencegah kebocoran antara ruangan diatas piston dan dibawah piston atau meminimalisir kehilangan tenaga akibat kebocoran kompresi melalui celah piston dan silinder. 6 of 6

Pahami Ciri Fisik Oli Motor Terbaik dan Berkualitas Agar Tidak Menyesal

Percayalah bahwa tidak semua oli motor itu berkualitas baik atau bahkan banyak yang palsu (oplosan). Kita memang mesti waspada apalagi kalau belinya di tempat-tempat yang enggak recommended seperti bengkel-bengkel perorangan yang hanya menghendaki untung tanpa menghiraukan dampaknya bagi konsumen. 

Oli yang tidak berkualitas itu mengakibatkan performa motor nggak bagus. Bahkan dalam banyak kasus malah merusak mesin motor. 

Beberapa dampak yang saya ketahui diantara adalah mesin cepat panas, suara kasar, motor menjadi boros dan sebagainya. Sedangkan ketika mesin yang cepat panas (overheat) menyebabkan usia mesin (spartpart) tidak panjang.

Selain itu, pemakaian oli yang tidak berkualitas juga menyebabkan timbulnya kotoran yang berpotensi menyumbat saluran-saluran pelumasan pada mesin.

Nah, itulah kenapa kita perlu menggunakan oli motor terbaik, spesial dan berkualitas agar tidak menyesal di kemudian hari. Trus oli motor terbaik itu yang bagaimana?

Secara sederhana saja, oli yang baik dan berkualitas sebenarnya dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Ciri fisik ini bisa dilihat ketika kita mengganti oli (tap oli) di bengkel, setelah kurang lebih 2.000 kilometer pemakaian. 

Ciri-ciri fisik yang saya maksud adalah pada perubahan warna maupun tingkat keencerannya. Begini penjelasannya.

sliding me
Oli Motor Tidak Berkualitas
Oli Motor Berkualitas

Oli motor tidak berkualitas itu bila warna oli tetap jernih setelah pemakaian 1000-2000 km. Oli yang mempunyai ciri ini berarti oli tersebut kurang baik karena tidak berfungsi optimal membersihkan kotoran sisa pembakaran mesin.

Punya Motor Matic, Kasihan kalau Olinya Biasa saja!

Melihat begitu pentingnya fungsi oli motor bagi mesin seperti yang saya papar di atas, maka memilih kualitas oli adalah sebuah keharusan. 

Ini logis menurut saya karena secara kinerja mesin sepeda motor itu memiliki beban kerja yang lebih berat dibandingkan mesin mobil. Mesin motor itu memiliki putaran mesin yang lebih tinggi jadi kemungkinan terjadi gesekan dan panas yang ditimbulkannya pun menjadi lebih tinggi. 

Artinya apa, kalau motor menggunakan oli motor yang biasa-biasa saja jelas akan mempengaruhi kinerja mesin secara berkelanjutan. Terlebih lagi apabila sepeda motornya adalah matic (skutik) seperti kepunyaan saya. 

Kenapa ?

Tentang hal ini saya pernah bertanya kepada seorang mekanik saat ganti olie. Dan kata mekanik tersebut, kebutuhan pembakaran motor matic pada umumnya lebih banyak dibandingkan motor manual (moped/bebek standar).

Ini disebabkan karena kecepatan putaran roda sangat mengandalkan bukaan gas dan gaya sentrifugal untuk menggerakkan CVT (Continuously Variable Transmition). Nah, faktor Inilah yang menyebabkan beban mesin motor matic itu menjadi lebih besar.

Disamping itu, sepertinya belum semua motor matic di Indonesia menggunakan pendingin cairan (liquid cooler). Intinya, motor matic memerlukan oli motor matic terbaik dan spesial yang dapat menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Cutting Engine
Cutting engine
Motor Matic

Beban Kerja Berat

Mesin sepeda motor memiliki beban kerja yang lebih berat dibandingkan mesin mobil

Pembakaran Lebih Besar

Kebutuhan pembakaran motor matic pada umumnya lebih banyak dibandingkan motor manual (moped/bebek standar)

Butuh Oli Terbaik

Motor matic memerlukan Oli Motor Matic spesial yang dapat menjaga kinerja mesin tetap optimal.

Ketika Matic Kesayanganku Turun Mesin

Aktifitas harian saya terbatu sekali dengan motor matic. Bukan tanpa alasan kalau saya lebih memilih motor matic ketimbang motor yang bertransmisi manual. Selain lebih mudah dan simple pemakaiannya, motor matic juga lebih gesit di jalan. Alasan lainnya karena istri saya tidak bisa mengendari motor bebek manual.

Pasca lepas dari garansi service gratis maupun berkala sesuai dengan BPBS (Buku Petunjuk dan Buku Service) bawaan pabrik 2 tahun lalu, akhirnya saya memutuskan service dan menggunakan oli mesin biasa yang tersedia di bengkel-bengkel kampung.

Pilihan menggunakan ini adalah murni keinginan saya. Saya pikir service di manapun dan menggunakan oli motor apapun sama saja. Selain itu saya bermaksud memangkas waktu serta biaya karena jarak bengkel resmi dengan rumah memang cukup jauh.

Tetapi pemikiran saya itu ternyata salah besar. Memang, dua kali penggantian oli motor awalnya tidak terasa ada kelainan apa-apa walaupun tarikannya gasnya agak berat. Artinya, dengan jarak pemakaian hingga kurang lebih 5.000 kilometer mesin sepertinya baik-baik saja.

Nah, belum sampai pada masa penggantian oli selanjutnya, saya terpaksa mengeluarkan uang yang cukup besar, tak kurang dari Rp 750.000 untuk perbaikan motor matic saya. Kenapa ?

Motor matic yang saya pakai untuk aktifitas harian tiba-tiba seperti mengalami loss compression. Motor mendadak mati di tengah perjalanan yang didahului dengan munculnya bunyi yang aneh di mesin. Saya terpaksa mendorong ke bengkel terdekat.

Setelah sampai di bengkel dan dilakukan pengecekan, montirnya bilang, “Maaf mas, motornya kayaknya mesti “turun mesin”, nih. Harus ganti piston (seker) dan silinder. Olinya kok bisa sampai habis gitu ya. Pasti pakai oli literan, ya” kata montir.

Mak jlebb rasanya. Melongolah saya karena terkejut. Saya enggak menyangka sama sekali bakal mengalami kejadian ini. Turun mesin ini baru pertama kalinya terjadi sejak beli motor matic tersebut.

Sambil diperbaiki montir pun kasih saran agar mengganti oli motor. Ditujukkanlah beberapa beberapa jenis oli motor, plus beberapa penjelasan singkat tentang kelebihan dan kekurangannya. Tetapi oleh montir menyarankan agar saya pakai Enduro Matic SAE 10W-30. Lebih cocok dengan motor saya, katanya.

Nah, berbekal pengalaman itulah akhirnya saya tidak berani sembarangan menggunakan oli motor murahan untuk motor matic saya. Dampaknya bikin ribet keuangan, waktu, dan sebagainya.

Motor Maticku Turun Mesin

Benar Kata Montir, Setelah Pakai Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30, Ini Manfaatnya Bagi Motor Maticku

Mesin motor ternyata memang tidak bisa sembarang menggunakan oli mesin.

Untuk mesin motor buatan lama tidak disarankan menggunakan oli sintetis tetapi disarankan menggunakan oli mineral yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan. Kenapa ?

Motor dengan teknologi lama biasanya celah antar part terlalu renggang atau sangat besar. Kalau dipaksakan menggunakan oli sintetis maka dampaknya akan semakin boros, oli cepat karena masuk keruang pembakaran dan ikut terbakar. Indikasinya adalah knalpot keluar asap berlebih (ngebul).

Ternyata inilah jawabannya kenapa montir menyarankan saya pakai Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 saat itu. Kebetulan motor matic saya terhitung muda, jadi tidak menggunakan oli mineral tetapi sintetis base oil.

Tetapi memang benar. Saya merasakan sekali dampak dan manfaat setelah menggunakan Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 ini. Tentu bila dibandingkan dengan ketika masih menggunakan oli motor murah yang malah menyebabkan motor turun mesin saat itu.

Setelah rutin menggunakan oli motor terbaik Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30, saya merasakan 4 (empat) hal berikut ini,

Irit bahan bakar

Yang mengagetkan saya adalah motor menjadi irit bahan bakar. Bisa jadi ini disebabkan karena oli motor berfungsi optimal yang menjadikan mesin tidak mudah panas.

Hemat biaya service

Setelah menggunakan Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 mesin motor matic saya seperti kuat dan bandel. Jarang sekali, bahkan hampir tidak pernah service berat, kecuali hanya ganti oli.

Oli Motor Matic Terbaik

Tidak mudah panas

Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 menjadikan mesin motor matic saya tidak cepat panas baik untuk pemakaian jarak pendek maupun jauh.

Mesin halus & stabil

Selain tidak mudah panas, motor matic saya juga tidak bergetar, putaran mesinnya lebih halus dan lebih stabil. Motor matic saya juga rasa-rasanya lebih enteng jalannya.

4 (empat) manfaat yang saya rasakan tersebut membuktikan bahwa Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 adalah oli motor terbaik dan betul-betul berkualitas. Buktinya, kinerja motor saya menjadi luar biasa lebih efektif, lebih kencang dan lebih bandel.

Pertanyaanya, apa yang membuat oli Pertamina Enduro Matic SAE 10W-30 sedemikian hebat dan jogoan untuk motor matic? Ternyata oleh Pertamina Lubricants, Enduro Matic SAE 10W-30 memang diciptakan secara khusus sebagai pelumas motor matik empat langkah.

Selain menggunakan base oil sintetik, oli motor matic terbaik di Indonesia produksi anak perusahaan PT Pertamina (Persero) ini juga dilengkapi dengan Moly Additive. Zat additive yang populer dalam teknologi oli ini mampu mengurangi friksi (gesekan) mesin pada temperatur dan kecepatan tinggi. 

Pengujian secara ilmiah, Moly Additive ini efektif menjaga umur mesin hingga 50%, mesin berjalan lancar, meningkatkan tenaga mesin dan hemat konsumsi bahan bakar.

Enduro
Logo Pertamina Enduro

ENDURO MATIC SAE 10W-30 ini juga memiliki viskositas memiliki viskositas lebih tinggi dibandingkan viskositas pelumas lain. Viskositas ini mempermudah sirkulasi pelumas untuk menjaga temperatur mesin tetap dingin dan stabil terutama di jalan yang statis dan macet. 

Secara kualitas, ENDURO MATIC SAE 10W-30 ini juga sudah teruji karena memiliki tingkatan mutu standar JASO MB (Japan Automobile Standard Organization) yakni standard Jepang untuk motor empat langkah dengan kopling kering (kopling tidak terendam oli yang umumnya motor matic).

Tak hanya JASO MB, ENDURO MATIC SAE 10W-30 juga telah memenuhi tingkat performance API SL. Apa ini ?

Ini adalah singkatan dari American Petroleum Institute yakni lembaga penguji dan pemeriksa kualitas oli yang dipakai di negara-negara Eropa dan Amerika. Nah, API Service biasanya pakai inisial S, sementara huruf yang mengikuti di belakangnya merupakan tingkatan (grade) dari oli tersebut. 

Jadi, semakin tinggi abjad yang mengikuti huruf S berarti kualitas oli semakin bagus dan telah memenuhi standar syarat oli sebelumnya. Nah, ENDURO MATIC SAE 10W-30 ini masuk dalam 3 kategori grade tertinggi setelah API SM dan SN. 

Moly Additive

Mengandung moly additive untuk mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi.

Kental

Memiliki kekentalan SAE10W-30 yang sesuai untuk sepeda motor generasi terbaru sehingga mudah untuk start pada kondisi mesin dingin,memberikan pendinginan yang optimal dan fuel economy yang lebih baik.

Enduro Matic SAE 10W-30

Teknologi Xtreme Power dan protection

Memberikan proteksi yang lebih baik bagi mesin - mesin yang beroperasi pada kecepatan tinggi.

Mencegah Korosi

Menjaga kebersihan mesin serta melindungi mesin dari korosi dan keausan yang berlebihan.

Ekonomis

Harga sangat ekonomis dan tersedia di mana-mana

Pengalaman adalah guru yang utama, begitu kata-kata bijak yang seringkali saya dengar. 

dan, Itu betul !

Pengalaman rontoknya mesin motor matic saya telah mengajarkan sebuah pemahaman bahwa mesin motor adalah seperangkat alat kerja mekanikal yang membutuhkan perawatan dan oli motor terbaik agar terjaga performa dan keawetannya. 

Lebih-lebih bila motor kita adalah matic yang secara teknis mempunyai beban kerja yang lebih berat ketimbang moped.

Menggunakan oli murahan yang tidak berkualitas dengan harapan bisa berhemat bukan langkah bijak karena dampaknya adalah kerusakan motor serius. 

Karena hal itu pula saya tidak mau ganti-ganti oli lagi dan menetapkan hati untuk selalu menggunakan Pertamina ENDURO MATIC SAE 10W-30. Saya tahu ini oli motor terbaik untuk matic kesayangan saya..

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga menambah wawasan.

Saya pamit!

Sebelum Anda Berlalu !

Sumber Bacaan

  • www.pertaminalubricants.com
  • www.api.org
  • oto.detik.com
  • Sumber-sumber sekunder lainnya

Photo dan Image

  • www.pertaminalubricants.com
  • unsplash.com
  • feepik.com

Layout, infografis, desain 2D & 3D