lifestyle

Laporan terbaru Nielsen mengatakan bahwa ada indikasi permintaan yang terus meningkat dari seluruh dunia pada kenyamanan dalam berberlanja. Lebih dari seperempat konsumen global mengatakan mereka mencari produk yang membuat hidup mereka lebih mudah (27%) dan nyaman digunakan (26%).

Laporan Nielson ini lebih jauh mengungkapkan bahwa ada enam faktor yang mendorong meningkatnya kebutuhan konsumen akan kenyamanan secara global, yaitu:

● Urbanisasi

● Jumlah anggota rumah tangga yang menyusut

● Transportasi perkotaan yang padat

● Peran gender yang berkembang

● Kebutuhan sesuai dengan generasi

● Meningkatnya serapan atau adaptasi terhadap teknologi

Faktor di atas berdampak juga pada industri, khususnya industri FMCG, termasuk juga di Indonesia.

Cemilan Bernutrisi Menjadi Alternatif Sarapan Konsumen Indonesia

Kepadatan kota menjadi salah satu faktor pendorong bahwa 33% konsumen online Indonesia memilih menggunakan layanan pesan antar untuk makanan. Maka satu orag bisa saja menggunakan berbagai aplikasi seperi Jojek GoFood, Grab dan lain sebagainya.

Bahkan, menuru Nielson, pertumbuhan layanan pengantaran restoran atau makanan mencapai 6 persen, angka ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata negara di Asia Pasifik yang hanya bertumbuh hanya 3 persen.

Macet di pagi hari membuat 87% dari konsumen online Indonesia memilih untuk menyempatkan sarapan di rumah. Bahkan 69% responden memilih mengkonsumsi cemilan/snack sebagai alternatif. 

Toko Ritel Format Kecil dan Nyaman Menjadi Pilihan Konsumen Indonesia

Tentang pemenuhan kebutuhan dari pengalaman berbelanja, 61% konsumen online Indonesia ternyata menyukai berbelanja kebutuhan sehari-hari sebagai pekerjaan rumah yang rutin, dan mereka berusaha menghabiskan waktu seminimal mungkin untuk melakukannya.

58% persen konsumen menyatakan bahwa meraka akan memilih toko ritel dengan lokasi yang nyaman bagi mereka, dan 48% memilih toko dengan layout megasikkan untuk berbelanja.

Konsumen Nyaman Berbelanja Produk Fesyen dan Travel Secara Online

Tiga perempat (74%) konsumen online Indonesia, masih menurut Nielson, menikmati kebebasan terhubung kapan saja, di mana saja; dan 63% konsumen menyatakan bahwa memiliki perangkat seluler yang terhubung dengan internet membuat hidup mereka jadi lebih baik. 

Di lain sisi, 59% konsumen Indonesia cenderung menggunakan perangkat mobile untuk membandingkan harga saat berbelanja, 57% menggunakannya untuk melihat informasi produk, sementara 49% mencari kupon atau promosi saat berbelanja online.

Terkait jenis, konsumen Indonesia lebih sering melakukan pembelanjaan online untuk membeli produk-produk terkait Fesyen (63%) dan Kebutuhan Travel (63%).

Referensi : www.nielsen.com

Pin It on Pinterest