Adroid Q

Spekulasi hadirnya Android Q sudah banyak bermunculan meski sistem android Pie belum lama dirilis.

Seperti tradisi Google sebelum-sebelumnya yang menamai sistem operasi Androidnya, beberapa nama makanan untuk Android Q ini muncul. Sebut saja seperti Peppermint, Peanut Brittle, Pop Rocks, Pancake, Panna Cotta, Pez, Pastry, Popcorn, Pop-Tarts, Praline, Peeps, Puding, Parfait, Pocky, Pound Cake, Punschkrapfen, Profiterole, Patbingsu, dan lain sebagainya. 

Kapan dirilis ?

Seperti kebiasaan Google juga, bahwa prodk-produk OS terbaru biasanya dirilis bebarengan dengan event akbar tahunan yang disebut dengan Google I/O. Besar kemukinan, kalau rumar ini benar, maka Android Q ini akan diperkenalkan pada event tersebut walaupun dalam versi beta.

Sundar Pichai, CEO Google sebenarnya telah memberi informasi kapan event tersebut diselenggarakan yakni 7-9 Mei tahun ini. 

Dari beberbagai informasi, Android Q ini konon pengembangan dari Android Pie terutama pada segi tampilan. Android Q mempunyai fitur baru mode gelap di keseluruhan sistemnya. Ini memang berbda dengan Android Pie yang punya tema gelap namun hanya pada sejumlah bagian tampilan, seperti jendela notifikasi dan launcher aplikasi.

Selain fitur mode gelap, menurut situs appinventiv.com, Android Q mendukung teknologi smartphone layar lipat seperti smartphone yang dimiliki Samsung Galaxy F atau Galaxy X. 

Tak hanya itu, Android Q juga diklain bakal hemat konsumsi baterai yang tentu saja akan sangat menguntungkan bagi pengguna maupun pengembang aplikasi.

Teknologi Layar Lipat

Fitu lain yang bakal dimiliki Android Q adalah Aksesibilitas Desktop. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna menghubungkan smartphone dengan desktop dan mengakses semua karakteristiknya.

Ini berarti layar beranda seperti PC, jendela aplikasi resizable dan akses ke keyboard serta mouse akan dimungkinkan dengan munculnya versi OS Android berikutnya.

 

Aksesibilitas Desktop

Pin It on Pinterest