Tinggalkan Koran, Saya BACA Berita Terkini dan Terupdate di Kumparan.COM

Berita terkini dan terupdate. Ya, sebagian besar media online terus berinovasi menyajikan berita terkini dan terupdate dan melengkapi pembacanya dengan aplikasi berita terbaik. Salah satunya adalah kumparan.com. Di mana keunggulan situs berita online ini?

panah1

Tiga tahun lalu, ketika masih aktif menjalankan bisnis kuliner di depan rumah, saya berlangganan koran lokal. Sebenarnya koran itu saya sediakan untuk pelanggan-pelanggan warung makan saya agar ada kegiatan bermanfaat sembari menunggu pesanan dihidangkan. 

Namun, langgaran koran ini hanya berjalan dua bulan karena ternyata tidak cukup menarik bagi pelanggan. Koran masih terlipat rapi seperti tak ada yang membukanya hingga sore hari. 

Saat itu saya pikir walaupun jaman sudah digital, orang tidak lantas meninggalkan budaya membaca koran begitu saja. Namun ternyata saya salah. Pelanggan lebih suka memainkan gadgetnya untuk update status media sosial, main game atau membaca berita secara online. 

Nampaknya semakin mudahnya orang mengakses internet dan kian terjangkaunya harga smartphne telah merubah gaya hidup masyarakat. Termasuk bagaimana orang mendapatkan informasi dan berita.

Ya, mau dibilang apa. Kenyataanya orang-orang kini sudah mulai meninggalkan cara baca berita secara konvensional (koran) dan beralih ke digital yang lebih mengasikkan, termasuk saya

Apalagi saat ini ada banyak sekali media online dengan berita terkini dan terupdate yang melengkapi diri dengan aplikasi berita terbaik bagi pembacanya. Salah satunya adalah kumparan.com 

mockup1
circle
panah1

Saya sendiri mengkuti Kumparan kurang lebih sudah tiga tahunan. Tepatnya sebulan setelah media online ini dilaunching, 17 januari 2017 (versi beta). Bukan dari postingan media sosial atau dari google ads, tetapi melalui sebuah artikel kebencanaan berjudul Data Bencana di Jakarta pada Januari 2017.

Ceritanya, saat itu saya sedang mencari referensi artikel tentang kebencanaan di Indonesia untuk tugas sekolah anak saya. Ketika saya searching di google dengan kata kunci “Bencana di Indonesia sepanjang tahun 2017”, nah artikel itu salah satu yang muncul di halaman pertama pencarian.

Dari situ saya sudah terkesan dengan kumparan dari mulai artikel-artikelnya, cara penyajian, interface dan sebagainya. Dalam hati saya mengatakan bahwa kumparan ini berbeda. Ada banyak keunikan yang tak dimiliki situs berita lain di Indonesia.

Dan, entah kenapa saya juga merasa yakin saat itu kalau media ini akan populer dan digemari masyarakat dalam waktu yang cepat.

Saya pun langsung mencari dan menginstal aplikasi launchernya dari Google Play dan menjadikannya sebagai salah satu bacaan wajib harian hingga saat ini.

panah4
Tabled

Ternyata feeling saya enggak salah. Dalam waktu 3 tahun, Kumparan.com berkembang dengan cepat dan menjadi “sesuatu” di Industri media online negeri ini.

Bagaimana tidak, Kumparan yang awalnya hanya memiliki 100 jurnalis dengan satu kantor, kini memiliki ratusan jurnalis dengan empat kantor megah untuk mengolah dan menyajikan berita terkini dan terpercaya.

Seiring perjalanan waktu, situs berita online di bawah kendali PT Dynamo Media Network ini pun semakin dikenal luas dan sukses mencuri perhatian para millenial di Indonesia dengan berita-berita segar, menarik, trending dan viral.

Buktinya, Kumparan sukses mendapatkan traffict kunjungan rata-rata 30 jutaan per bulan atau lebih dari seribu kunjungan per hari. 

Traffict ini menjadi salah satu faktor signifikan yang menempatkan Kumparan.com pada posisi ke-14 dalam Top Site Indonesia versi Alexa. Pencapaian yang luar biasa menurut saya di usianya yang masih balita.

Yang menarik adalah, traffict kunjungan tersebut 67,1% berasal dari pencarian secara organic, 19,7% direct dan 12,1% media social. Selebihnya dari referal, mail dan display dengan prosentasenya di bawah 1%.

panah1

TRAFFICT SOURCE KUMPARAN.COM

Checked by similarweb.com – accessed on 10 Mei 2020

Dalam kaca mata orang awam seperti saya, traffict ini menunjukan kalau Kumparan menjadi salah satu situs berita online populer di Indonesia. 

Ini sebuah anomali, menurut saya. Jelas bukan hal mudah meraih kepopuleran secara cepat apalagi dalam persaingan media online di Indonesia yang sengit dan semakin berdarah-darah seperti saat ini.

Bagaimana bisa ? Ya. Terlepas dari orang-orang hebat dan berkompeten di belakangnya, namun ada banyak faktor bagaimana hal ini terjadi. 

Faktor-faktor ini juga menjadi alasan pula kenapa saya mengandalkan Kumparan untuk berita terkini dan terupdate. Nah, 4 (empat) hal berikut ini di antaranya,

01

Sajikan Berita Terkini dan Terupdate, Fully Digital!

Ketika update berita menjadi kebutuhan di  jaman digital, maka berita terkini dan terupdate menjadi hal wajib.

Sejak berdiri, kumparan.com merupakan platform media kolaboratif yang berkomitmen menyajikan informasi dan berita terkini, terlengkap, terupdate dan beragam.

Hanya dalam satu platform, saya bisa mendapatkan update berita dan informasi yang saya butuhkan dari mulai informasi news, sepak bola & sports, ekonomi & bisnis, politik, hiburan, lifestyle, otomotif, teknologi, parenting, wanita, hingga food & travel.

Berita-berita tersebut dikelompokan dalam berbagai channel seperti kumparanNEWS, kumparanBISNIS, kumparanOTO, kumparanSPORT, kumparanBOLA dan sebagainya.

Yang saya suka, tak hanya terupdate dan terlengkap, berita dan informasi yang disajikan pun memenuhi prasyarat sebagai media online modern yang fully digital.

Maksud saya, sajian berita tidak hanya naratif dan tekstual namun mempertimbangankan sisi visual. Maka setiap artikel yang dipublish selalu didukung gambar dengan resolusi tinggi, ilustrasi keren, video hingga infografik.

Menurut saya ini menjadi salah satu kekuatan utama Kumparan.com. Tak heran kalau digemari semua kalangan lebih-lebih generasi Y dan generasi Z dengan rentang umur 25 – 45+ tahun.

Berisi berita terkini politik nasional dan internasional, pilpres, pilgub, pilkada, KPK, CPNS, dan sebagainya.

All about berita terkini seputar sepak bola ada di kanal ini seperti jadwal hasil pertandingan Liga Indonesia, Timnas Indonesia, Liga Italia, Liga Champions, Premier League dan Liga Spanyol.

Seperti namanya, kanal ini berisi berita terkini bisnis, ekonomi macro dan micro, pasar modal, kurs mata uang, investasi korporasi, dan lain sebagainya.

Kanal ini terus update baca berita terkini seputar gaya hidup, fashion, tips kecantikan, tips karier, dan artikel-artikel gaya hidup lainnya.

Berita terkini entertainment, gosip artis terbaru dalam negeri dan dunia, film, dan musik terupdate ada di kanal ini.

Kanal ini berisi berita update apa pun seputar olahraga

K-POP menjadi fenomena tersendiri yang selalu menarik untuk diikuti. Nah, kanal ini berisi berita terkini dan terupdate seputar selebriti, film korea, drama korea, dan musik korea.

Pingin update berita seputar ilmu pengetahuan, kesehatan dan fakta kesehatan, semua ada di kanal ini.

Di kanal ini pengunjung disajikan berita terupdate seputar teknologi, aplikasi Android iOS, internet, gadget, smartphone, review smartphone dan lain-lain tentang teknologi.

Ini salah satu kanal kesukaan saya karena ada banyak berita terkini seputar dunia otomotif.

Mau liburan seru? Kanal kumparanTRAVEL ini menyediakan referensi terkni seputar tempat wisata di Indonesia dan luar negeri, serta rekomendasi tempat liburan mengasikkan.

Kanal ini berisi berita terkini seputar kebutuhan ibu dalam mendampingi dan membesarkan buah hati. Yes, semua tersedia hanya di kumparan.com

Cleguks! Membaca berita update di kanal ini bikin lapar. Yes, kanal ini berisi artikel seputar review makanan, masakan, dan tempat makan

Anak millenial mesti masuk ke kanal ini. Yes, kanal ini selalu update berita terkini yang gaul, fun, dan kekinian.

Kumparan-mockupld
02

Artikel Pendek dengan Story Telling

Selain berita yang lengkap, hal kedua yang membuat saya tertarik dengan Kumparan dari dulu adalah kemampuannya menyajikan informasi berita dengan cara dan nuansa yang sangat berbeda.

Sebagian besar artikelnya ditulis dengan format pendek yang langsung habis terbaca dalam satu scroll halaman saja. Ini berbeda dengan beberapa media lain yang lebih suka membagi artikelnya dalam beberapa bagian dengan jump break angka.

Saking pendeknya, perumpaannya sama seperti ketika saya menembak pacar dulu (sekarang jadi istri). Saat itu saya cuman bilang,

Dek, Aku cinta kamu. Ada pertanyaan!” 

Ya. Padat dan lugas. Tanpa romantisme bunga mawar dan alunan biola.

Tapi walaupun pendek tidak lantas menghilangkan esensi berita yang hendak disampaikan. Justru ini memudahkan saya menelaah dan memahami artikel tanpa membutuhkan waktu lama. Sepersekian detik saja saya sudah bisa mudah menemukan inti berita.

Selain itu, bahasa yang dipakai pun tidak lebay serta jarang menggunakan istlilah-istilah ilmiah yang sulit dipahami kalau tidak membuka google translate.

Hal paling menarik yang membuat betah berlama-lama membaca berita di Kumparan adalah, saya seperti membaca sebuah story telling. 

Ketika membaca, seolah-olah saja saya seperti berhadapan langsung dengan si Jurnalis. Ia membacakan sebuah cerita dan saya mendengarkannya sambil nyruput kopi. 

Cleguks.

panah1
03

Punya Aplikasi Berita Terbaik

Dulu saya juga mikir, untuk apa menginstal aplikasi berita di smartphone kalau bisa mengaksesnya menggunakan browser?

Ternyata, mengakses berita menggunakan aplikasi itu memberi pengalaman berbeda. Dua di antaranya adalah browsing berita jadi lebih cepat dan selalu mendapat notifikasi update bila ada artikel terbaru secara personal.

Sejak versi beta, Kumparan memang sudah merilis aplikasi berita terbaiknya. Aplikasi tersebut terus diperbaruhi. Saat ini sudah masuk versi 5.0.2 dan telah diinstal lebih dari 500 K + pengguna untuk versi Androidnya. 

Boleh dibilang aplikasi berita kumparan menjadi salah satu yang terbaik dengan berbagai keunggulan dan fitur menarik. Berikut di antaranya.   

tabled

Ringan, Tidak Membutuhkan Space Besar

Aplikasi berita Kumparan ini cukup ringan menurut saya karena secara teknis hanya membutuhkan space 6,7 M di smartphone untuk versi Android dan 44,8 M untuk iOS.

 

panah2

Interface bersih, Loading Cepat dan Navigasi Kanal Customable

Aplikasi berita Kumparan ini mempunyai interface bersih dengan widget tertata rapi yang membuat nyaman di mata. Selain itu loading relatif cepat dibanding bila membuka kumparan.com menggunakan browser mobile (tidak melalui aplikasi).

Yang saya suka, navigasi kanal berbentuk sliding horisontal yang mudah saya geser ke kanan dan ke kiri. Bahkan, saya bisa mengubah navigasi kanal artikel tersebut sesuai dengan preferensi berita yang saya butuhkan. 

interface-preferensi0
interface-preferensi
panah4
Tinggalkan Koran, Saya Baca Berita Terkini dan Terupdate di Kumparan.com 1
beda-1

Tanpa Iklan yang Mengganggu

Membaca berita melalui aplikasi Kumparan itu lebih nyaman karena bersih dari iklan yang mengganggu baik iklan inline, parallax maupun iklan popup.

Ini berbeda bila membuka kumparan.com melalui browser di smartphone. Iklan akan tetap tampak baik di footer maupun di tengah-tengah artikel.

Walaupun demikian, banner iklan di Kumparan masih “menghargai pembaca” ketimbang beberapa media online lain yang nyaris seperti membaca iklan berhadiah berita. 

panah2

Menggunakan Teknologi React dan Artificial Intelligence (AI)

Kumparan, selain menggunakan teknologi React yang mengedepankan javascript untuk rendering halaman website juga telah mengaplikasikan kecerdasan buatan (AI). 

Di Kumparan, algoritma pintar (AI) ini diterapkan dalam big data dan sistem mulai dari sistem untuk tracking, data warehouse, dan sebagainya. Sistem tracking misalnya, penerapan teknologi AI di Kumparan adalah Personalization Algorithm Technology (PAT). Teknologi ini memungkinkan penyebaran konten berkualitas kepada orang yang tepat dan pada waktu yang tepat berupa rangkuman artikel  (For You).

Saya tidak tahu bagaimana sistem kerjanya dan parameter apa yang dijadikan acuan. Namun rangkuman artikel yang dihasilkan seperti mengerti kebutuhan saya dan para pembaca lainnya.

ai
interface-preferensi0
panah4
04

User Generated Content Platform

Banyak orang bilang kalau Kumparan itu media online interaktif dan berasa seperti media sosial. Pembaca bisa memberi komentar, memberi like dan menfollow channel. 

Ya, itu tidak salah karena Kumparan adalah media kolaboratif dengan format User Generate Content (UGC) Platform.

Sebagai media berplatform UGS maka memungkinkan juga bagi pembaca untuk membuat konten sendiri baik tulisan, video, foto, review, dan lainnya untuk publish di Kumparan. Ya, seperti blog dengan banyak penulis. Istilahnya disebut kontributor. 

Tentu saja semua konten yang ditulis membutuhkan moderasi dengan memperhatikan parameter seperti apakah konten yang ditulis memiliki story telling yang kuat, mengandung informasi baru atau informasi eksklusif, memenuhi syarat dan unsur estetika yang baik atau tidak, berpotensi viral, mengandung unsur emosional kuat: menggugah, menggelitik, satirikal tapi mengajak orang berpikir, berinteraksi, memompa semangat, inspiratif dan lain sebagainya.

Namun setidaknya ini menjadi media tepat bagi para pembaca yang ingin mengembangkan bakat menulis yang dimilikinya secara gratis. Itu asiknya.

cover UGC
Tinggalkan Koran, Saya Baca Berita Terkini dan Terupdate di Kumparan.com 2
bg orang

Nah, itu dia beberapa hal tentang Kumparan, media online populer yang terus menyajikan berita terkini dan terupdate setiap saat.

Tentu saja ini hanya sebagian kecil dari sekian banyaknya poin-poin tentang Kumparan yang memberi pengaruh kepada saya kenapa meninggalkan koran konvensional.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi kepada anda untuk terus membaca Kumparan dan menginstal aplikasi berita terbaiknya. 

Artikel Terkait!