Mau Sukses Meniti Karir,
Coba Pakai Formula Pencak Silat

Dalam dunia kerja, karir menjadi orientasi utama dari hampir semua karyawan.

Karir yang berasal dari bahasa Belanda carriere ini umumnya dipahami sebagai kondisi yang mendiskripsikan perkembangan, kemajuan, jenjang atau pencapaian pekerjaan seseorang.

Namun, tak jarang pula bahwa karir dipahami juga sebagai urut-urutan posisi dan kedudukan seseorang dalam hirarki struktur organisasi sebuah perusahaan.

Nah, dari pengertian-pengertian tersebut, menjadi sangat umum bila karir selalu dihubung-hubungkan dengan remunerasi atau penghasilan yang diterima seseorang.

Remunerasi bagus inilah yang menjadi salah satu motivasi hampir semua entitas yang bernama karyawan untuk berjuang keras meraih karir gemilang, selain sebagai sebuah pride (kebanggaan).

Itu termasuk saya, dulu.

Find out what you like doing best and get someone to pay you for doing it.

-Katherine Whitehorn-

Karir Bagus, Remunerasi Pasti Bagus

Bukan sekedar wacana kalau karir memang berhubungan dengan remunerasi.

Saya sendiri pernah mempunyai pengalaman empiris tentang hal itu. Pernah ? Ya pernah. Tapi itu dulu, beberapa tahun lalu ketika masih menjadi orang kantoran dengan berbagai tugas dan tanggung jawab yang melekat pada diri saya.

Sebelum saya memutuskan resign dari perusahaan jaringan otomotif dengan area pemasaran Jateng-DIY, karir saya lumayan bagus karena menempati jabatan strategis yang diimpi-impikan oleh banyak orang.

Melekat pada jabatan itu, tentu saja saya pun mendapat berbagai fasiltas-fasilitas yang menurut saya sangat memadai. Taruhlah seperti mobil, tunjungan kesehatan, perumahan, bonus dan insentive-insentif lain disamping gaji yang saya terima setiap bulan.

Beberapa kali saya juga mendapat reward  trip perjalanan baik di dalam maupun ke luar negeri seperti Hongkong, China, Malaysia, Singapura, beberapa negara Eropa serta tempat menarik lainnya.

Melekat pada karir dan jabatan itu, tentu saja saya pun mendapat berbagai fasiltas-fasilitas yang menurut saya sangat memadai.

-jualjuel.com-

Dokumentasi Trip Malaysia
Namun, apa yang saya dapatkan itu bukan hal mudah seperti orang memasak mie instant yang hanya butuh beberapa menit langsung jadi.

Saya bekerja keras lebih dari 10 tahun untuk meraihnya. Apalagi saya memang merintis karir tersebut betul-betul dari bawah, yakni mulai dari seorang marketing lapangan.

Saya masih ingat bagaimana dulu harus menyembunyikan rasa malu mengetuk pintu rumah orang untuk menawarkan produk atau berdiri dipinggir jalan sembari menyebar brosur dan panflet. Saya juga harus rela kehilangan waktu kebersamaan dengan keluarga karena harus mengikuti berbagai event perusahaan yang terus mengalir seperti air hujan.

Namun dari sepenggal cerita ini poinnya adalah, pertama, apa yang dulu saya alami benar-benar menjadi bukti bahwa karir segaris lurus dengan remunerasi.

Kedua, karir bagus memang tidak mudah didapat, butuh struggle yang keras dan berbagai pengorbanan.

Saya membutuhkan kerja keras dan perjuangan tak kurang dari 10 tahun. Apalagi saya memang merintis karir tersebut betul-betul dari bawah, yakni mulai dari seorang marketing lapangan.

-jualjuel.com-

Karir, Terikat Hukum Seleksi Alam.

Menjadi orientasi semua orang, kenyataannya karir memang tidak mudah didapat dan butuh struggle yang keras. Yang membuat tidak mudah itu karena peluang karir jumlahnya sedikit dibanding jumlah orang yang mengharapkannya.

Maka, apa yang terjadi kemudian adalah  berlakunya klausalitas hukum alam yang berbunyi what we do is what we get alias apa yang kita lakukan itu yang kita dapat. 

Konsekwensi logisnya sudah bisa ditebak. Seseorang yang ingin meniti karir gemilang pasti masuk dalam lingkungan persaingan atau kompetisi yang berdarah-darah.

Dalam persaingan itu, gerakan personal (effort) menjadi sangat dominan. Setiap individu harus bersaing memenuhi “parameter-parameter” yang telah ditentukan oleh perusahaan yang umumnya disebut dengan KPI (Key Performance Indicator).

KPI adalah instrumen tolok ukur yang digunakan perusahaan sebagai alat evaluasi tingkat keberhasilan kinerja individu maupun departemen dalam melaksanakan Jobdes (Job Description).

Tentu saja setiap perusahaan mempunyai paremeter-parameter yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan. Namun, KPI ini adalah “pintu gerbang” utama yang mesti ditaklukkan seseorang bila ingin lolos dari klausalitas hukum alam dalam meniti karir cemerlang dengan pekerjaannya.

Pertanyaanya adalah bagaimana caranya ?

 

…..Setiap individu harus bersaing memenuhi “parameter-parameter” yang telah ditentukan oleh perusahaan yang umumnya disebut dengan KPI (Key Performance Indicator).

-jualjuel.com-

Pakai Formula “Pencak Silat”

Karir gemilang tidak bisa mengandalkan sebuah kebetulan tetapi mutlak mesti diupayakan. Oleh sebab itu betul-betul dibutuhkan skill, baik itu hard skill maupun soft skill.

Hard Skill mencakup keahlian dasar dan spesifik sedangkan soft Skill erat hubungannya dengan karakter personal seseorang serta interaksi individu dengan lingkungan kerja.

Memudahkan pemahaman dari keduanya, saya dulu menggunakan formula sederhana yang saya sebut  Pencak Silat.

Ini bukan tentang cabang olah raga, Pencak Silat yang saya maksudkan adalah akronim dari Pendidikan, Cakap, Sikap dan Latihan.

Ini bukan tentang cabang olah raga, Pencak Silat yang saya maksudkan adalah akronim dari Pendidikan, Cakap, Sikap dan Latihan.

-jualjuel.com-

Formula Pencak Silat
Memiliki pendidikan formal yang diperkuat dengan pendidikan informal
Pendidikan formal dan informal sangat menentukan karir seseorang.

Pendidikan formal misalnya, ini menjadi gambaran personal seseorang atas skill dan keilmuan yang dimilikinya (hard skill) sedangkan pendidikan informal lebih mengarah pada pembentukan karakter dan jadi diri (soft skill) yang mendukung penerapan keilmuan yang dimilikinya.

Mampu memadukan keduanya,  dijamin 99% akan sangat mudah meniti karir yang gemilang.

Pendidikan
Cakap, mahir dan penuh inisiatif
Manfaat lanjutan dari pendidikan formal dan informal adalah seseorang mesti memiliki kecakapan, kemahiran dan inisiatif dalam menyelesaikan semua pekerjaan (jobdes) yang menjadi tanggung jawabnya.

Bukan sekedar selesai, tetapi harus memenuhi Key Performance Indicator yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Tanpa itu semua, seseorang hanya akan menjadi karyawan/staff biasa-biasa yang terjebak dalam sebuah rutinitas kerja semata.

Cakap dan Mahir
Miliki sikap positif dan terbuka
Lingkungan kerja itu hitrogen karena terdiri dari berbagai macam type individu dan pemikiran. Oleh karenanya sangat rentan terjadi gesekan antar personal dan departemen.

Maka, seseorang yang ingin mempunyai karir cemerlang harus memiliki sikap positif terhadap personal lain baik dalam satu departemen maupun lain departemen (tidak ada ego sektoral).

Melengkapi sikap positif, seseorang juga harus terbuka atas masukan dan kritikan, lebih-lebih yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab kerja.

Sikap Positif
Melatih kemampuan menganalisa dan menyelesaikan permasalahan (Problem Solving)
Karir dan jabatan selalu berhadap-hadapan dengan permasalahan. Nah, seseorang yang ingin mempunyai karir bagus dalam perusahan harus mempunyai kemampuan menganalisa dan menyelesaikan masalah (Problem Solving).

Cara paling baik melatih kemampuan ini adalah berdiskusi dan komunitas.

Tidak harus di dalam kantor, diskusi juga bisa dilakukan di luar kantor. Apalagi sekarang sudah banyak coworking space, Smart And Virtual office dan sejenisnya yang bisa dipergunakan untuk berdiskusi sekaligus bekerja.

Diskusi

Tentang Smart And Virtual Office

Virtual office kerap disebut dengan kantor maya (kantor non-fisik) yang bisa digunakan sebagai alamat domisili legal sebuah bisnis.

Disebut dengan Virtual Office juga karena penggunanya memang tidak memiliki ruang kerja khusus seperti halnya kantor-kantor konvensional, namun bisa bekerja dari mana saja asal mendukung koneksi internet yang cepat (Smart and Virtual Office).

Walaupun demikian, pengguna Virtual Office juga bisa menggunakan layanan seperti ruang meeting yang di digunakand, nomor telepon kantor dan layanan resepsionis.

Bekerja dalam lingkungan Virtual Office, seseorang bisa jadi harus berbagi dengan berbagai perusahaan atau institusi lain yang kebetulan menyewa di lantai yang sama. 

Namun Virtual Office masih menjadi idola saat ini, terutama bagi mereka yang sedang membangun bisnis atau start-up dengan staff karyawan kurang dari 10 orang.

Smart And Virtual Office masih menjadi solusi paling realistis bagi seseorang atau komunitas yang ingin mempunyai kantor dengan alamat legal namun tanpa harus mengeluarkan budget operasional yang besar.

Selain itu, berkerja dalam Virtual Office juga memberikan berbagai keuntungan lain seperti meningkatkan nilai branding perusahaan,  Jam kerja yang lebih fleksibel, memiliki kantor yang nyaman serta mengurangi tekanan dan stres serta bisa memiliki lebih banyak waktu

Mereka yang bekerja menggunakan virtual office ini tak memiliki ruang kerja khusus tetapi bisa bekerja dari mana saja asal mendukung koneksi internet yang cepat (Smart and Virtual Office).

-office99.com-

Di negara kita sudah ada banyak institusi/provider yang menyediakan layanan Virtual Office ini, salah satunya yang tidak asing lagi adalah Office99. Office99 yang mempunyai kantor operasional di Educenter BSD City, Tangerang, Banten ini telah beroperasi sejak tahun 2016.

Smart Office dan Virtual Office yang disediakan oleh Office99 ini diminati oleh klien dari berbagai jenis usaha karena menawarkan berbagai pilihan harga yang sangat kompetitif yang dapat disesuai dengan budget dan kebutukan pengguna.

Selain hanya harga yang kompetitif, #Office99 juga menawarkan berbagai keuntungan menggunakan layanan Smart Virtual Office beserta fasilitas-fasilitasnya seperti alamat bisnis bergensi, nomor khusus,  penggunaan ruang meeting, penggunaan workstation, penggunaan ruang kerja eksekutif, surat domisili gedung, surat domisili kelurahan (SKDU) dan lain sebagainya.

Office99 telah beroperasi sejak tahun 2016 dengan klien dari berbagai jenis usaha.

-office99.com-

Selain Smart And Virtual Office, Office99 juga menyediakan layanan Serviced Office serta jasa pembuatan perusahaan (PT & CV) serta jasa pengurusan PKP dan juga jasa konsultan pajak.
Layanan Office99
Logo Office99
Educenter BSD
Jl. Sekolah Foresta No 8, BSD City, Tangerang,
Banten, 15331
✉ cs@office99.com ✆ 02130030999
Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih telah membaca tulisan berjudul “Mau Sukses Meniti Karir,
Coba Pakai Formula Pencak Silat” ini, semoga bermanfaat sebagai salah satu referensi kunci meniti karir untuk masa depan yang lebih baik dan sejahtera.

Pin It on Pinterest