Travelblog.id,
Situs Berbagi Cerita Indahnya Indonesia

Dalam industri pariwisata, Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu negara terpandang dan berjaya di dunia.

Buktinya, pada tahun 2018 pariwisata negara kita menempati posisi 9 di dunia versi The World Travel & Tourism Council (WTTC), yakni lembaga yang dinilai paling kompeten memberikan penilaian industri travel dan pariwisata dunia.

Walapun belum menempati posisi para raja, namun peringkat Indonesia jauh lebih baikĀ ketimbang negara-negara ASEAN lainnya.Ā Sebut saja seperti negara pesaing berat Indonesia yakni Thailand.

Negara Gajah Putih ini hanya menempati peringkat 12 sedangkan Filipina dan Malaysia di peringkat 13, Singapura di peringkat 16, dan Vietnam harus puas menempati posisi 21.

Dengan parameter penilaian didasarkan pada perkembangan kepariwisataan secara global dalam beberapa tahun terakhir, belanja wisman dan domestik serta investasi dan inovasi pemerintah, WTTC menobatkan China, Amerika dan India menempati posisi para raja, tiga besar.

Ā 

Walaupun belum berhasil menjadi 3 besar namun boleh dibilang bahwa Industri pariwisata nasional memang lagi seru-serunya selama 10 tahun terakhir.

Pertumbuhannya sangat luar biasa dan telah memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional dan daerah.

Tahun 2018 lalu, pariwisata memberikan kontribusi hingga 223 Trilyun bagi tersedianya cadangan devisa negara dan telah berkontribusi 14% terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) secara nasional.

Begitu pula dengan penyerapan tenaga kerja. BPS mencatat bahwaĀ  pariwisata telah membuka kesempatan berusaha bagi masyarakat dan elemen-elemen terkait lainnya hingga 12,7 juta orang.

kondisi pariwisata Indonesia 2018

Sebagai warga negara yang lahir, besar dan kelak mungkin dikubur di tanah Indonesia kita pasti bangga dengan pencapaian ini.

Saya melihat bahwa prestasi ini adalah wujudĀ keberhasilan pemerintah pusat dan daerah dalam merumuskan strategi kepariwisataan nasional dan daerah.

Namun, pencapaian ini belum maksimal. Tugas kita bersama adalah membuat pariwisata Indonesia semakin moncer di masa-masa mendatang dan bisa menempati posisi terpandang di dunia.

Bagaimana caranya ?

dukung program pemerintah

Parwisata Indonesia memang bukan hanya Bali, Lombok, Jogja, Raja Ampat dan beberapa kota lain yang telah mendunia.

34 Propinsi yang menyusun kedirian Indonesia mempunyai berjuta pesona, keindahan, keunikan dan kekhasan tersendiri yang juga berpotensi untuk mendunia.Ā 

Sejak tahun 2016, pemerintah pun telah melakukan segala upaya mengembangkan potensi daerah-daerah dengan program dukungan dan sinergi lintas sektor.

Beberapa diantaranya adalah dengan membangun berbagai infrastruktur yang mendukungĀ aksesibilitas ke 25 KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional ) dan 10 destinasi pariwisata prioritas yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Apa yang dilakukan pemerintah ini pun diberlanjut hingga saat ini dan diikuti oleh daerah-daerah dalam mengembangkan potensi pariwisata lokal berbasis kearifan lokal dan kedaerahan.

Tak ada alasan bagi kita untuk tidak bersinergi dengan program pemerintah pusat dan daerah tersebut.

Yang perlu kita lakukan adalah memotivasi diri untuk berpartisipasi mengenalkan potensi wisata baik nasional maupun lokal diawali dari dengan beberapa langkah nyata.

Berikut ini adalah 4 langkah nyata yang saya maksud,

What to do

Bagi saya pribadi, empat langkah di atas memang membutuhkan aksi lanjutan dengan mengunjungi secara langsung tempat-tempat wisata serta mempublikasikannya dalam sebuah jurnal online.

Aksi ini sangat bermanfaat karena apa yang kita bagikan tersebut akan dibaca banyak orang dan menginspirasi untuk datang mengunjunginya pula.

Ini juga akan memberi dampak luar biasa bagi berputarnya roda ekonomi pariwisata setempat serta bisnis lain yang terkait dengannya.

Caranya pun mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Kita bisa menggunakan media-media apa saja sseperti blog pribai, media sosial, media cetakĀ  offline atau mengggunakan situs terbuka yang khusus mewadahi para traveller dan wisatawan untuk berbagi cerita pengalaman perjalanan.Ā 

Salah satu situs yang saya maksud adalah sepertiĀ travelblog.id.

4 Fitur

Travelblog.id adalah salah satu situs, web atau blog yang mendedikasikan dirinya sebagai sarana berbagi secara online bagi para traveller dan wisatawan.

Berbagi tentang apa ?

Berbagi tentang apa saja yang berkaitan dengan informasi pariwisata Indonesia sepertiĀ  lokasi wisata,Ā  kuliner, kekayaan seni budaya dan kearifan lokal, tips dan lain sebagainya.

Situs yang sepanjang Januari 2019 dikunjungi oleh pembaca sebanyak 85.000 orang ini gratis bagi para traveller dan wisatawan yang ingin berpartisipasi dalam pekembangan dunia pariwisata secara umum.

Selain gratis, situs yang awalnya adalah blog pribadi ini juga mempunyai 4 (empat) fitur menarik bagi para traveller dan wisatan yang ingin bergabung sebagai pengguna (Kontributor) seperti berikut ini,

fitur bagi kontributor
Fitur Umum

Tidak berbeda dengan situs-situs berbagi lain yang sudah hadir lebih dulu, travelblog.id ini jugaĀ juga mempunyai fitur-fitur umum lain yang disediakan dengan memandang kebutuhan pengguna terutama para millennial yang lebih menyukai hal-hal mudah, simple dan mendukung mobilitas.

5 Kategori

Mempunyai 5 kategori artikel yang merepresentasikan keindahan dan keunikan wisata Indonesia yakni JALAN-JALAN, KULINER, TIP & INFO, SENI DAN BUDAYA, LAINNYA (Berita, Gaya Hidup dan Infographic)

Bagi Kontributor 5 kategeori ini memudahkan menulis sesuai dengan minatnya sedangkan bagi pembaca akan memudahkan mencari artikel sesuai dengan keinginan.

Search (Pencarian Cepat)

Fasilitas search ini mempercepat pencarian artikel by keyword.

Dengan mengetik kata kunci seperti nama kota, jenis kuliner, dan sebagainya di kolom pencarian, maka situs ini secara otomatis akan menampilkan artikel berdasarkan kata kunci yang dimaksud.

Fasilitas ini mempermudah pembaca dan menghemat waktu.

Pencarian Artikel By Kontributor

Pencarian cepat artikel juga bisa dilakukan berdasarkan artikel-artikel yang ditulis oleh masing-masing kontributor yakni hanya dengan meng-klik nama kontributor yang berada di kolom kontributor.

Kolom ini juga menjelaskan berapa banyak artikel yang telah ditulis oleh masing-masing kontributor yang bergabung di travelblog.id.

Translator

Situs travelblog.id mempunyai fitur translator bahasa inggris.

Secara otomatis fitur ini akan mengkonversi artikel ke dalam bahasa inggris dengan cepat hanya dengan sekali sentuh.

Dengan fitur ini artikel-artikel yang ditulis di travelblog,id mampu menjangkau pembaca lebih luas, bahkan bisa menjadi rujukan bagi wisatawan manca negara.

Social Share

Fitur sosial ini memberikan kebebasan pembaca untuk membagikan artikel ke media sosial milik pembaca bila dirasa bermanfaat.

Dengan dibagikannya artikel ini via media sosial maka akan mampu menginspirasi pembaca yang lain.

Email Subscription

Ini adalah fitur umum yang dimiliki oleh kebanyakan situs.

Dengan fitur ini pembaca yang telah melakukan subskripsi akan tetap terhubung dan akan terusĀ menerima informasi pembaharuan artikel terbaru dan informasi-informasi lainnya dari travelblog.id.

Ā 

responsif

Interface Bersih dan Responsif

Situs travelblog.id mempunyai tampilan interface yang bersih dan 100% responsif yang memudahkan pembaca membaca artikel dari berbagai perangkat seperti desktop, laptop, tablet dan smartphone.

Ā 

Regsitrasi
signup
bagi masyarakat
Hadirnya travelblog.id bukan hanya bermanfaat bagi para traveller dan wisatawan akan tetapi juga bagi masyarakat dan dunia pariwisata Indonesia secara umum.

Salah satu yang paling nyata adalah masyarakat akan mendapat berbagai informasi yang komprehensif tentang berbagai destinasi wisata dari seluruh penjuru tanah air yang ditulis oleh para kontributor.

Begitu pula dengan kekayaan seni budaya dan kekhasan kuliner yang dimiliki oleh setiap wilayah di Indonesia. Ā  Ā 

 

Lebih-lebih, travelblog.id ini mempunyai kelebihan dari sisi penyajiannya karena ditulis oleh para kontrubutor dengan bahasa yang mudah ditelahaan oleh pembaca dari berbagai tingkatan umur.

Selain itu, travelblog.id juga mempunyai desain interface yang simple dan responsif, dimana pembaca (masyarakat) dapat mengkasesnya dari berbagai jenis perangkat gadget yang dimilikinya secara gratis.

Itulah travelblog.id !

Tunggu Dulu, Teman.

Mohon Kerendahan Hati Teman-teman

Artikel Saya di Writing-contest.bisnis.com

UNTUK BANTU NGE-VOTE

MASIH ADA YANG KURANG, NIH !

Vote Artikel &Thanks